Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Upaya Penerapan P4GN di Bangka Belitung, BNNP Ciptakan Desa Bersih dari Narkoba 

Purwoko Adi menyebut BNN mempunyai program oprasional yang disebut Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia
Andini Dwi Hasanah tangkapan layar.
Plt Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Purwoko Adi dalam live Dialog Ruang Tengah bersama Bangka Pos, terkait Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Selasa (8/6/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Plt Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Purwoko Adi menyebut BNN mempunyai program oprasional yang disebut Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kata Purwoko untun mencapai dan melaksanakan P4GN pihaknya ditopang oleh empat pilar kegiatan.

"Satu dari pencegahan, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan dan rehabilitasi, nah program ini ada di BNN Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Nah salah satu program kita dipencegahan itu ada Desa Bersinar yang artinya Bersih dari Narkoba (Bersinar)," ungkap Purwoko dalam live Dialog Ruang Tengah bersama Bangka Pos, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, untuk mencapai Desa Bersinar tentu ada langkah-langkah yang perlu dikerjakan. Desa Besinar nantinya akan dibentuk tim yang ditandatangani Bupati atau Wali Kota.

"Tapi pendorong kegiatannya adalah BNN Provinsi, setelah tim kerja itu akan kita berikan bimbingan teknis apa-apa yang harus kita kerjakan. Diharapkan nantinya masyarakat itu bisa bergerak dalam rangka ketahanan untuk menanggulangi atau mencegah peredaran gelap narkoba," jelasnya.

Program Desa bersinar ini bukan dilakukan disetiap Desa, melainkan ada bebebrapa keriteria yang nantinya Desa tersebut akan menjadi percontohan Desa lainnya.

"Setiap Provinsi akan diminta untuk memetakan Desa Bersinar itu ada berapa, keterbatasan anggaran kita bukan setip Desa, kalau kita di Bangka Belitung sendiri baru satu di Desa Padang Baru, karena itu tadi bisa menjadi proyek percontohan," sebutnya.

"Setelah Desa itu Bersinar, nanti disana akan relawannya, kemudian ada tim kerja berdasarkan Computer Assisted Test (CAT) atau nanti ada hal yang tidak diketahui atau pengen lebih mengerti soal kinerjanya itu bisa berhubungan dengan BNN Provinsi bagaian pencegahan," lanjutnya.

Menurutnya, pengawasan di beberapa pintu masuk Bangka Belitung, tidak hanya jalur udara dan beberapa pelabuhan saja tapi yang diawasi namun melalui pelabuhan kecil yang tak terduka juga dilakukan pengawasan.

"Yang perlu kita waspadai Bangka Belitung ini daerah kepulauan dan ternyata pelabuhan kecilnya banyak sekali,  sehingga agak menyulitkan untuk mengawasnya, makanya kita gerakan Desa Bersinar itu tapi yang jelas kita bekerja sama dengan KSOP, Beacukai, TNI dan Polri, saling bekerja sama kita melakukan sinergitas antar instansi dalam rangka menjaga pelabuhan-pelabuhan itu," pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved