Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kata Ibrahim Soal PPDB, Kikis Paradigma Sekolah Favorit, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2021/2022 di Provinsi Bangka Belitung dimulai, Kamis (10/6/2021) besok.

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Dok/Ibrahim
Rektor sekaligus Dosen Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung, Dr Ibrahim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2021/2022 di Provinsi Bangka Belitung dimulai, Kamis (10/6/2021) besok.

Sekretaris Dewan Pendidikan Bangka Belitung, Ibrahim, mengatakan proses pendaftaran calon siswa SMA/K pada dasarnya sudah diatur dalam Pergub Nomor 22 Tahun 2021 yang menetapkan tata cara dan mekanisme pendaftaran.

Ketentuan ini menjadi acuan bersama dan kita semua harus mematuhi ketentuan tersebut. 

"Secara umum pendaftaran calon siswa sudah memperhatikan asas keketatan sekaligus fleksibilitas. Zonasi pada dasarnya adalah sebuah cara distribusi asal siswa sesuai dengan asal wilayahnya," kata Ibrahim kepada Bangkapos.com, Rabu (9/6/2021).

Menurut Ibrahim, ketentuan ini mendorong pemerataan sekaligus perlahan meminggirkan asumsi sekolah favorit dan tidak favorit. 

"Dengan zonasi kita berharap anak-anak akan bersekolah di dekat rumah dan mendorong efektivitas pembelajaran berbasis geografis. Demikian juga halnya dengan jalur afirmasi yang mendorong proses akomodasi secara objektif," ungkap Ibrahim yang juga menjabat sebagai Rektor dan Dosen UBB ini.

Meski demikian, Ibrahim melihat jalur prestasi dan mutasi merupakan salah satu aspek fleksibilitas yang positif. 

"Saya melihat bahwa kedua jalur ini telah memberi ruang bagi kasus-kasus khusus untuk mendaftar. Tentu dengan syarat tertentu yang telah ditetapkan," lanjutnya.

Tugas bersama, kata Ibrahim adalah memastikan agar penegakkan aturan menjadi kata kunci. 

"Kita memaklumi bahwa orang tua pada dasarnya selalu berharap mencari yang terbaik untuk anak-anaknya. Ini naluriah," katanya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved