Breaking News:

Berita Pangkalpinang

KPP Bea dan Cukai Pangkalpinang Turut Berperan Dorong Ekspor Lidi Nipah ke Nepal

Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea dan Cukai Pangkalpinang turut berperan mendorong ekspor perdana Lidi Nipah dari Bangka Belitung ke Nepal.

Bangkapos.com/Yuranda
Tim Redaksi Bangka Pos, saat mengunjungi kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea dan Cukai Pangkalpinang, Rabu (9/6/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea dan Cukai Pangkalpinang turut berperan mendorong ekspor perdana Lidi Nipah dari Bangka Belitung ke Nepal beberapa waktu lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor KPP Bea dan Cukai Pangkalpinang, Yetty Yulitanti, saat menerima audiensi tim Redaksi Bangka Pos, Rabu (9/6/2021).

Yetty Yulitanti mengatakan, tugas KPP Bea dan Cukai adalah pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan termasuk mengoptimalkan penerimaan negara melalui mendorong eksportir.

Yetty Yulitanti, sangat mengapresiasikan kedatangan rombongan Redaksi Bangka Pos. Dia juga berterima kasih karena Bangka Pos juga memberi peran dalam menyampaikan informasi yang berimbang tentang Bea Cukai.

"Kami juga sering mengajak para media untuk kopi morning, untuk menjalankan silaturahmi antar instansi. Dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait informasi yang mungkin masih kurang dipahami," kata Yetty Yulitanti.

Lanjut Yetty, karena yang mereka (masyarakat dan media) lihat, hanya pengawasan saja, pada saat pihaknya (Bea dan Cukai) bersama BNN atau Polda Babel me-release terkait penangkapan Narkoba dan pemusnahan barang bukti dan lainnya.

Namun di sisi lain pihaknya, juga melakukan fungsi pelayanan, dalam hal ini pelayanan ekspor, guna mendorong eksportir seperti ekspor perdana lidi nipah dan cangkang sawit yang dilakukan sebelumnya. Hal itu juga merupakan inisiasi dan asistensi dari Bea dan Cukai Pangkalpinang.

Seperti ekspor zirkon yang akhir-akhir kemarin sedang ramai. Menurut Yetty, dalam hal ini pihanya tidak melakukan verifikasi dan pemeriksaan karena sudah dilakukan oleh pihak lain yakni surveyornya.

Setelah pemeriksaan dari mereka selesai. Bea Cukai tidak melakukan pemeriksaan dan hanya menyetujui berkas yang diajukan oleh Surveyor saja.

"Kami hanya memeriksa surat yang diajukan oleh mereka (Surveyor). Jika sudah dinyatakan lengkap dan sesuai, ya kami setujui, kami tidak menahan jika barang itu sudah lengkap," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Yuranda
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved