Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Masjid Jami Soeprapto-Soeparno Diresmikan, Begini Kata Presiden Direktur JNE dan Gubernur Babel  

Masjid Jami Soeprapto-Soeparno beralamat di Jl Koba, depan Simpang Bandara Lama telah diresmikan oleh Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman

Penulis: Widodo
Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Pemberian plakat oleh Mohamad Feriadi selaku Presiden Direktur JNE sekaligus anak almarhum Soeprapto kepada Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (Bangkapos.com/Widodo) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Masjid Jami Soeprapto-Soeparno beralamat di Jl Koba, depan Simpang Bandara Lama telah diresmikan oleh Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Rabu (9/6/2021) sore.

Dalam peresmian ini turut hadir anak Almarhum Soeprapto yakni Ahmad Yuniarto selaku anak pertama dan Mohamad Feriadi anak kedua, serta para keluarga.

Mohamad Feriadi selaku Presiden Direktur JNE menceritakan sedikit banyaknya cerita mengenai masjid yang dibangun oleh almarhum ayahnya, Soeprapto.

"Yang pertama saya mengucapkan terima kasih kepada media dan semua pihak yang sudah hadir sore ini. Sesuai yang sudah disampaikan oleh kakak saya yang tertua bahwa kegiatan kita keluarga dengan Kepulauan Bangka Belitung itu sangat kuat. Saya memang tidak lahir di sini, tetapi masa kecil saya banyak dihabiskan di Bangka. Artinya kita merasa Bangka ini sebagai rumah kita," katanya kepada sejumlah wartawan, petang tadi

Katanya, keberadaan masjid ini sudah menjadi semangat yang diinginkan oleh Almarhum Soeprapto sejak dulu. Intinya bagaimana caranya masyarakat sini punya tempat ibadah dan tempat mempersatukan antar sesama.

"Inilah saatnya kita manfaatkan keberadaan ini bagi masyarakat sini khususnya yang ada di Jl Soekarno Hatta. Kita tahu bahwa keberadaan masjid ini merupakan tempat yang sangat bersejarah bagi kami di mana di belakang sini ada rumah, jadi dahulu kami tinggal di rumah sebelah dan untuk beribadah tidak perlu ke tempat lain, cukup datang ke sini," kata Presiden Direktur JNE itu.

"Jadi inilah yang kita lakukan hari ini, peresmian masjid yang sudah kita bangun bulan Oktober 2018, tetapi karena terkendala Covid-19 sehingga hari ini kita bisa meresmikan Masjid Suprapto Soprano," tambahnya.

Feriadi mengatakan, almarhum ayahnya selalu punya semangat untuk membangun tempat ibadah dan ini bukan satu-satunya masjid yang ia bangun tetapi ada juga masjid yang dibangun di Jakarta tentu tujuannya buat umat, bisa salat, beribadah bersama-sama.

"Mudahan dengan hadirnya masjid Jami Soeprapto Soprano ini tentu bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang ada di sini," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyarankan Masjid Jami Soeprapto Soeparno bisa menjadi kekuatan ekonomi umat.

"Jadi masjid ini jangan semata-mata kita jadikan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi jadikan lah masjid ini sebagai kekuatan ekonomi umat, di mana masjid dijadikan sebagai wadah untuk mengumpulkan kekuatan  dari sektor keuangan yang dikembalikan ke umat seperti zakat, sedekah, infaq dan lain sebagainya," sarannya.

"Kita ingin, menjadikan masjid ini sebagai kekuatan ekonomi umat dengan memanfaatkan zakat, infaq dan sedekah melalui program-program dan tentunya dengan segala kreativitas yang ada itu bisa didorong untuk membangun ekonomi umat," lanjutnya.

Erzaldi mengimbau, Masjid ini harus dijadikan sebagai kawah candra di muka, menempah para anak-anak sejak dini sampai ke dewasa, di situlah karakter ditempa seperti kedisiplinannya, ibadahnya, baca Alquran dan sebagainya sehingga secara tidak langsung karakter itu menjadi terbentuk di mana orang bisa aktif di masjid.

"Ke depan kita sangat berharap agar nanti kita harus menjadikan masjid-masjid ini segala pusat peradaban tidak saja sebagai pusat tempat ibadah tetapi merupakan pusat peradaban," katanya. (Bangkapos.com/Widodo) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved