Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pemetaan Zona PerRT/RW di Pangkalpinang, Tidak Ada Lagi Kawasan dengan Zona Merah

Hakim menyebut, pemetaan zona perRT/RW tersebut berdasarkan aturan dari Mentri dalam negeri, yang dihitung adalah per RT/RW

bangkapos.com
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH). (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH) mengatakan, update terakhir hingga kemarin Selasa (8/6) pemetaan zona atau risiko penularan covid-19 perRT/RW di Kota Pangkalpinang tidak ada lagi RT/RW yang masuk zona merah.

Kata Hakim, hanya ada 13 zona orange di RT/RW dari tujuh Kecamatan, sisanya zona kuning dan hijau.

Hakim menyebut, pemetaan zona perRT/RW tersebut berdasarkan aturan dari Mentri dalam negeri, yang dihitung adalah per RT/RW dan jumlah rumah yang sedang melakukan karantina bukan per Kelurahan dan Kecamatan.

"Mendagri mengintruksikan agar kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang dihitung ada RT, dan jumlah yang karantina bukan Kelurahan dan Kecamatan. Jadi yang kita lakukan pemantauan hanya RT/RW yang zona nya berbahya saja, seperti zona orange kita saat ini hanya itu saja yang kita lakukan pemantauan," ungkap Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (9/6/2021).

Kata Hakim, adapun ketentuan berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 Tahun 2021 tersebut, kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT dengan kriteria.

a. Zona Hijau dengan kriteria tidak ada kasus satu COVID-19 RT, pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala.

b. Zona Kuning dengan kriteria jika terdapat 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama (tujuh) pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat.

c. Zona Oranye dengan kriteria jika terdapat 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir, maka skenario (tujuh) hari pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat, serta menutup rumah ibadah, tempat bermain anak, dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial; dan terakhir, maka skenario.

d. Zona Merah dengan kriteria jika terdapat lebih dari 5 (lima) rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir.

Hakim menyebut, berdasarkan penghitungan pasien isolasi mandiri di rumah ada lima rumah kasus konfirmasi yang sedang melasanakan karantina covid-19 di kawasan zona orange.

"Di RT itu ada lima rumah jadi pada RT/RW itu saja yang kita terapkan PPKM dan dibatasi aktivitasnya, nanti kita serahkan ke Kelurahan dan Kecamatan untuk pelaksanaannya serta mungkin akan ada pengawasan dari Kepolisian juga di daerah itu," sebut Hakim.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved