Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tingkatkan Kapasitas Petugas Pengawasan, Pegawai LPKA Pangkalpinang Ikuti Pelatihan Kesamaptaan

Lima orang pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang jajaran Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin mengikuti kegiatan

Ist Dok Humas LPKA Pangkalpinang : Redi dan Enggar
Lima orang pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang jajaran Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin mengikuti kegiatan Pelatihan Kesamaptaan dan Pengawalan Keamanan bagi Petugas Pemasyarakatan di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (9/6/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lima orang pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang jajaran Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin mengikuti kegiatan Pelatihan Kesampataan dan Pengawalan Keamanan bagi Petugas Pemasyarakatan di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (9/6/2021).

Pelatihan Kesamaptaan dan Pengawalan Keamanan bagi Petugas Pemasyarakatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kep. Bangka Belitung, Agus Irianto.

"Pelatihan kesamaptaan dan pelatihan pengawalan serta keamanan ini dilaksanakan agar para petugas pemasyarakatan mampu memprediksi hal-hal yang kemungkinan terjadi khususnya dalam hal keamanan di lapas atau rutan yang merupakan unsur deteksi dini," ungkap Agus Irianto dalam sambutannya.

"Petugas harus mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi misalnya pelarian, peredaran gelap narkoba, peredaran handphone, pengrusakan fasilitas ataupun aktivitas lainnya yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban lapas atau rutan," lanjutnya.

Tak hanya itu saja, kegiatan ini juga kata Agus dilaksanakan untuk membentuk karakter petugas pemasyarakatan agar lebih baik lagi serta mampu melaksanakan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada.

Agus Irianto berharap, melalui kegiatan pelatihan kesamaptaan dan pengawalan ini, para petugas pemasyarakatan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan, kedisiplinan dan mampu meneruskan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan serta dapat menjalankan kinerjanya sesuai dengan tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

"Perkembangan situasi saat ini di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, khususnya di Lapas dan Rutan se Indonesia masih terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan," sebutnya.

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan kesamaptaan dan pengawalan bagi petugas pengawasan ini sangat penting dan krusial mengingat segala sesuatu bisa saja terjadi pada saat melaksanakan tugas.

Oleh sebab itu sebagai petugas pengawasan, kata Nanang pegawai wajib memahami, mengidentifikasi dan meminimalisir segala kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban di lapas/rutan.

"Alhamdulillah pegawai LPKA Kelas II Pangkalpinang diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan kesamaptaan dan pengawalan bagi petugas pengawasan sehingga dapat memberikan pengalaman dan keterampilan baru yang diberikan oleh narasumber dari Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung," ujar Nanang dalam rilis kepada Bangkapos.com, Rabu (9/6/2021).

Kepada petugas pengawasan LPKA Kelas II Pangkalpinang yang mengikuti kegiatan ini, Nanang berpesan agar dapat mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, jaga kesehatan, serap ilmu dan keterampilan yang diberikan oleh narasumber dan mampu menerapkannya dalam pelaksanaan tugas.

"Tak hanya itu, mereka juga harus mampu berbagi ilmu dan keterampilan yang didapatkan hari ini kepada petugas pengawasan yang lainnya yang belum mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti pelatihan seperti ini," tuturnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved