Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Vaksinasi Lansia di Pangkalpinang Terealisasi 58,41 Persen, Hakim: Pralansia 50-59 Juga Boleh Vaksin

Target vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) di Kota Pangkalpinang baru terealisasi 58 41 persen pada penyuntikan dosis pertama.

bangkapos.com
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dr Masagus Hakim. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH) menyebut, target vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) di Kota Pangkalpinang baru terealisasi 58 41 persen pada penyuntikan dosis pertama.

Kata Hakim, vaksinasi lansia yang hingga kini masih belum mencapai target tersebut sebab banyak lansia yang enggan untuk dilakukan vaksinasi di setiap wilayah.

"Banyak lansia kita yang tidak mau dilakukan vaksinasi, juga kita kesulitan pendataan lansia ini, soalnya ketika ditanyakan nomor handphone beberapa tidak punya harus menunggu anaknya. Tapi kebanyakan yang tidak mau vaksin," ujar Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (9/6/2021).

Hakim menuturkan, dengan demikian pihaknya berdasarkan aturan baru dari Kemntrian Kesehatan (Kemenkes) memperbolehkan pralansia atau yang berumur 50-59 tahun untuk dapat dilakukan vaksinasi.

"Sekarang perintah dari Kemenkes yang pralansia juga sudah diperbolehkan, pokoknya yang umur 50-59 itu sudah boleh vaksin, dengan syarat dia harus bawa minimal dua orang untuk juga mau dilakukan penyuntikan vaksin, karena kalau hanya satu orang tidak bisa satu botolnya itu untuk minimal delapan orang," jelas Hakim.

Hakim berharap, tidak ada lagi lansia yang menolak untuk dilakukan vaksinasi dengan berbagai alasan. Hingga kini pihaknya pun terus gencar meminta setiap Puskesmas di Kecamatan untuk giatkan vaksin untuk lansia.

"Untuk lansia jangan menolak lagi untuk divaksin, kita juga terus berupaya melalui Puskesmas untuk giatkan terus vaksinasi untuk lansia itu, minimal ajak dua orang harinitu juga langsung kita vaksin," tuturnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved