Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Dinkes Terus Gencar Lakukan Tracking Jika Ditemukan Penambahan Kasus Baru

Kasus positif Covid-19 setiap hari selalu bertambah di wilayah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bangka Tengah

Penulis: Sela Agustika
Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Sela Agustika
Pelaksana tugas harian (Plt) Dinkes Bangka Tengah, Zaitun 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Kasus positif Covid-19 setiap hari selalu bertambah di wilayah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bangka Tengah, per Rabu, (9/6/2021) jumlah kasus aktif positif saat ini sebanyak 210 orang.

Sementara total keseluruhan kasus terkonfirmasi positif di wilayah Bangka Tengah berjumlah 2461, di mana 2219 orang dinyatakan sembuh dan 32 orang dinyatakan meningal dunia.

Pelaksana tugas harian (Plt) Kepala Dinkes Bangka Tengah, Zaitun mengatakan dengan semakin bertambahnya kasus konfirmasi saat ini, maka pihaknya pun terus berupaya melakukan Penyelidikam Epidemiologi (PE) dan Tracking ke pihak keluarga ataupun orang-orang terdekat yang sempat kontak erat dengan pasien konfirmasi positif.

"Jika memang ditemukan kasus konfirmasi baru, maka kita berupaya untuk gencar melakukan tracking ini, agar kasus yang ada tidak tersebar luas. Kalau sudah di tracking otomatis bisa memutuskan kluster kasus tersebut,"ungkap Zaitun kepada Bangkapos.com, Kamis (10/6/2021).

Lanjutnya, ia menyebutkan bahwa pihaknya tidak menyarankan maysrakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri, terkecuali bagi Lansia sakit yang sudah tidak bisa lagi beraktivitas, serta ibu menyusui.

"Kami tidak menyarankan isolasi mandiri, di mana sesuai kebijakan kami telah menerapkan PPKM mikro dan menyaranakan pasien positif untuk katantina di sana, karen dari segi pemantauan kita juga sudah punya tim gugus yang standby di masing-masing kecamatan atau Desa yang menerapkan PPKM Mikro ini,"kata Zaitun.

Ia pun mengimbau agar warga tidak menganggap remeh penyebaran kasus Covid-19 ini dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.
"Covid-19 ini ada dan nyata, makanya kita harus tetap waspada dan hati-hati, prokes 3 M  seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ini sangat penting, karena ini menjadi  upaya pencegahan yang dapat kira lakukan guna menutuska  mata rantai Covid-19,"ujarnya.

Ia berharap dengan upaya-upaya yang dilakuka ini tidak ada lagi angka penambahan kasus positif baru yang tinggi di Bangka Tengah.

"Beberapa hari terhakir selama tiga hari, tambahan kasus Covid di kita menurun, semoga ini bisa terus diatasi dan kasus Covid-19 ini bisa berakhir," katanya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved