Breaking News:

Berita Pangkalpinang

DLH Babel Akui Tak Tahu Asal dari Mana Sampah yang Menggunung di Samping BLKI

Mega Oktarian mengaku tak tahu asal sampah yang kini menggunung di samping UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Babel.

Penulis: Magang1
Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup (LH), Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas LH, Dinas LH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mega Oktarian. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup (LH), Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas LH, Dinas LH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mega Oktarian mengaku tak tahu asal sampah yang kini menggunung di samping UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Babel.

“Kita tidak tahu dari mana, (Masyarakat sekitar-red) saya tidak bisa jawab yang di situ. Kalau dari komplek perkantoran kita mau cek apakah dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD-red) ada membuang ke situ,” kata dia di Pangkalpinang, Kamis (10/6/2021).

Mega mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya gunungan sampah berbagai jenis tersebut sempat dibersihkan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Babel, namun tak berselang lama tumpukan sampah muncul kembali.

“Sebelumnya sudah ada dibersihkan oleh dinas Perkim, karena dulu mereka yang ada sarana dan prasarana. Lalu, mengulang lagi sampah-sampah di situ, karena kita tidak bisa meninjau sumbernya dari mana,” sebut Mega.

Ia mengatakan, saat ini di komplek perkantoran Provinsi Babel memang belum ada wadah untuk pengelolaan sampah.

Namun, DLH telah mengeluarkan surat edaran Gubernur sejak tahun 2019 silam bahwa setiap OPD harus mengelola sampahnya sendiri dengan pola 3R reduce, reuse and recycle.

“Jika ada barang yang bermanfaat dengan pola 3R diserahkan kepada DLH untuk dimasukkan sebagai nasabah bank sampah dan itu berjalan,” pungkasnya.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved