Breaking News:

Jangan Keliru Atasi Bekas Jerawat, Yuk Kenali Jenis, Ciri dan Penyebabnya

Bekas jerawat terbagi menjadi dua jenis yang penyebab dan gejalanya juga berbeda

Penulis: Magang4
Editor: Teddy Malaka
Newsmedical.com
Bekas Jerawat 

BANGKAPOS.COM - Jerawat yang muncul lebih mudah hilang daripada bekas jerawatnya.

Bekas jerawat inilah yang kadang membuat frustasi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk menyingkir dari kulit wajah.

Rupanya, bekas jerawat  terbagi menjadi dua jenis, yaitu post-inflammatory erythema (PIE) dan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH).

Bekas Jerawat
Bekas Jerawat  Post Inflammatory Erythema (kompas.com)

Post-Inflammatory Erythema (PIE).

Jerawat terkadang meninggalkan bekas seperti bercak merah, merah muda, atau ungu setelahnya. Bintik-bintik membandel ini dikenal sebagai Post-Inflammatory Erythema (PIE).

PIE dapat membandel selama beberapa bulan di kulit wajah. Namun, ada perawatan di rumah dan medis yang dapat membantu menghilangkannya lebih cepat.

Penyebab
Bercak merah, merah muda, atau ungu superfisial yang menjadi ciri PIE disebabkan oleh pelebaran, peradangan, atau kerusakan pada pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai kapiler yang berada di bawah kulit.

Jerawat kistik adalah penyebab umum PIE, tetapi kondisi kulit yang meradang, seperti dermatitis dan terbakar sinar matahari, bisa menjadi penyebabnya.

PIE akhirnya memudar dengan sendirinya, tetapi ada perawatan efektif yang dapat mengurangi atau menghilangkannya lebih cepat.

PIE biasanya menyerupai bintik-bintik jerawat, meskipun tidak terlihat seperti komedo atau whiteheads. PIE bisa berwarna merah atau merah muda. Ini juga dapat mengambil warna ungu tua.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved