Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kepatuhan Masyarakat Bangka Belitung Pakai Masker dan Menjaga Jarak Masih Rendah

Tingkat kepatuhan masyarakat Bangka Belitung terhadap protokol kesehatan masih tergolong rendah dari rerata nasional.

Editor: fitriadi
Istimewa/Forum Cinta Nelayan Bangka
Pengendara bermotor mendapatkan paket nasi dan masker dari Forum Cinta Nelayan Bangka di Kota Sungailiat Bangka, Sabtu (8/5/2021). Pembagian paket nasi dan masker ini dalam rangka kampanye mencegah penularan Covid-19. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tingkat kepatuhan masyarakat Bangka Belitung terhadap protokol kesehatan masih tergolong rendah dari rerata nasional meskipun naik di pekan terakhir dibanding pekan sebelumnya.

Ada 2 protokol kesehatan yang jadi sorotan, yaitu kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak antar sesama.

Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung mencatat secara nasional angka kepatuhan menggunakan masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumuman masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk ke dalam nomor 3 terendah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung Andi Budi Prayitno mejelaskan angka Kepatuhan Memakai Masker: 69,4% dari 88,45% rerata nasional (naik dari pekan sebelumnya).

"Secara nasional angka kepatuhan menggunakan masker masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk ke dalam nomor 3 terendah, dengan tingkat kepatuhan terendah berada di Kota Pangkalpinang dengan 53,49%," kata Andi Budi kepada Bangkapos.com, Rabu (9/62021).

Sedangkan angka Kepatuhan Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan: 71,8% dari 87,6% rerata nasional (naik dari pekan sebelumnya).

Secara nasional angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk ke dalam nomor 3 terendah, dengan tingkat kepatuhan terendah berada di Kabupaten Belitung dengan 55,25%.

Andi Budi mengatakan data tingkat kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan tersebut berdasarkan monitoring di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan periode 24 - 30 Mei 2021.

Di Bangka Belitung ada 145 titik yang dipantau petugas Covid-19 saat monitoring.

Data di atas, kata Andi Budi, menunukkan bahwa tingkat kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan 3M khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih rendah dari rerata nasional meskipun naik di pekan terakhir dibanding pekan sebelumnya.

Untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung mengingatkan masyarakat agar terus membiasakan Protokol Kesehatan 5M dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir.

Protokol Kesehatan 5M tersebut yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan sebisa mungkin menghindari kerumunan/keramaian, serta mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan mengurangi mobilitas.

"Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian/meninggal dunia," kata Andi Budi. (Bangkapos.com/Fitriadi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved