Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Miliki Potensi, Algafry Siap Dukung Pengembangan Rumput Laut di Bangka Tengah

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) terus menggali potensi alam yang ada, satu di antarnya yang saat ini menjadi

bangkapos.com
Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman. (Bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM ,BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) terus menggali potensi alam yang ada, satu di antarnya yang saat ini menjadi sorotan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, yakni pengembangan rumput laut.

Algafry mengatakan, rumput laut ini memiliki potensi besar untuk di kembangkan, pasalnya konsep dalam usaha rumput laut ini sangatlah sederhana dan tidak memerlukan modal yang besar.

Bahkan ia menyebutkan, pengembangan rumput laut ini tidak perlu menggunakan pupuk dan bahan-bahan lainnya, di mana setelah disebarkan dan diikat dengan tali di laut, kemudian dalam kurun waktu 35-40 hari sudah dapat dipanen.

"Saya lihat konsep untuk rumput laut ini sangat sederhana, di mana modalnya hanya bibit dan tali, kemudian dibiarkan begitu saja di laut, dan hasilnya juga lumayan, namun memang harus tetap diperhatikan, agar jangan sampai dicuri orang,"ungkap Algafry, Kamis (10/6/2021).

Kata Algafry, jika ada daerah di Bangka Tengah yang memiliki potensi untuk pengembangan rumput laut, maka pihaknya siap mendukung dan menyiapkan anggaran.

"Jika kita nilai di daerah mana pun itu (Bangka Tengah), yang memiliki potensi dalam mengembangkan rumput laut ini, InsyaAllah akan kita lakukan pengembangan rumput laut di sana dan anggaran nya akan kita siapkan untuk memulai rumput laut ini," ujar Algafry

Ia menuturkan sejauh ini untuk wilayah Bangka Tengah pihaknya sudah melalukan budidaya atau pengembangan rumput laut ini di beberapa titik lokasi, di antaranya di Desa Tanjung Pura, Beriga, dan Batu Belubang.

"Untuk pengembangan rumput laut di Bangka Tengah memang sudah kita lakukan di beberapa Desa tersebut, Kemaren untuk di Desa Tanjung Pura Kita juga sudah sempat panen dengan Pak Gubernur Bangka Belitung," ujarnya.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa pemasaran rumput laut ini sudah pasti dan sudah ada pangsa pasar yang akan membeli langsung.

"Dari segi pemasara untuk rumput laut ini memang pasarnya sangat menjanjikan dan pasti. Kita juga sudah ada pangsa pasarnya, di mana pengepul ini langsung datang ke tempat pengembangan rumput laut ketika sudah siap panen," katanya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved