Breaking News:

SPI IAIN SAS Babel Susun Buku Pedoman SOP dan Laporan Kegiatan Lembaga

Dalam membangun sebuah sistem perlu ditetapkan standar-standar operasional sehingga Buku Pedoman dan Standard Operating Procedures menemukan urgesinya

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: El Tjandring
IAIN SAS Bangka Belitung
Tim penyusunan buku pedoman dan Standard Operating Procedures (SOP) 

BANGKAPOS.COM - Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung bersama Tim penyusunan buku pedoman dan Standard Operating Procedures (SOP) menegaskan bahwa dalam membangun sebuah sistem maka perlu ditetapkan standar-standar operasional. 

Dalam konteks inilah Penyusun Buku Pedoman dan  Standard Operating Procedures (SOP) menemukan urgensinya. Alih status dari STAIN menjadi IAIN SAS Babel harus diikuti dengan perubahan SOP.

“Bagaimanapun, pengelolaan IAIN berbeda dengan pengelolaan STAIN, maka perlu ada perubahan-perubahan standar operasional yang berpijak pada ketentuan hukum yang berlaku serta dipahami bersama,” tegas Ketua SPI H. Winarno,M.H.I.,C.Med.

Bahwa Buku Pedoman dan SOP adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, di mana dan oleh siapa dilakukan.

Ada beberapa prinsip penyusunan SOP yaitu; Pertama, SOP harus ditulis secara jelas, sederhana dan tidak berbelit-belit sehingga mudah dimengerti dan diterapkan untuk satu kegiatan tertentu.

Kedua, Buku Pedoman dan SOP harus dapat menjadi pedoman yang terukur baik mengenai norma waktu, hasil kerja yang tepat dan akurat, maupun rincian biaya pelayanan dan tatacara pembayaran bila diperlukan adanya biaya pelayanan.

Ketiga, Buku Pedoman dan SOP harus dapat memberikan kejelasan kapan dan siapa yang harus melaksanakan kegiatan, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan sampai di mana tanggung jawab masing-masing pejabat/pegawai.

Keempat, Buku Pedoman dan SOP harus mudah dirumuskan dan selalu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kebijakan yang berlaku. Dan, Kelima,Buku Pedoman dan SOP harus dapat menggambarkan alur kegiatan yang mudah ditelusuri jika terjadi hambatan.

“Tim Penyusun Buku Pedoman dan SOP SPI IAIN SAS Babel H. Winarno, M.H.I., C.Med., Marheni, M.Si. Dr. Rahmat Ilyas, M.S.I,. Riyani Fitri Lubis, M.E dan  Himamatul Ulyah, M.A  menghasilkan rancangan Buku Pedoman dan SOP yang akan ajukan oleh Tim SPI ke Senat IAIN SAS Babel untuk di bahas dan disahkan sehingga buku dan SOP tersebut dapat di berlakukan oleh Tim SPI untuk  melakukan Audit di IAIN SAS Bangka Belitung,” jelas H. Winarno Ketua Tim Penyusunan Buku Pedoman dan SOP SPI IAIN SAS Babel.

Daftar SOP Layanan SPI yang telah  dibahas adalah: Draft Buku Pedoman dan SOP Audit Perencanaan dan Penganggaran., Draft Buku Pedoman dan  SOP Laporan Keuangan.,Draft Buku Pedoman dan SOP Barang Milik Negara,. Draf Buku Pedoman dan SOP laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ,. Draf Buku Pedoman dan SOP Sumber Daya Manusia,.Draf Buku Pedoman dan SOP Barang dan Jasa Pemerintahan. (*)

Penulis : Ayaknan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved