Breaking News:

Berita Bangka Barat

 Tingkatkan PAD, Pasar Muntok Berlakukan Sistem Parkir Portal Sekali Bayar

Tak ingin menciptakan kondisi pembayaran parkir yang semrawut, Pihak Pengelola Pasar Ikan Muntok rencananya akan menerapkan sistem portal sekali bayar

bangkapos.com
Kabid Perhubungan, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Juswardi. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tak ingin menciptakan kondisi pembayaran parkir yang semrawut, Pihak Pengelola Pasar Ikan Muntok rencananya akan menerapkan sistem portal sekali bayar menggunakan karcis.

Diketahui sebelumnya masyarakat yang berbelanja di Pasar Ikan Muntok, harus beberapa kali membayar parkir jika kendaraannya berpindah-pindah tempat.

Menanggapi hal tersebut Kabid Perhubungan, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Juswardi Kamis (10/06/2021) mengaku akan melakukan ujicoba pemberlakuan sistem portal satu kali bayar menggunakan karcis.

"Terkait parkir ini pola yang diterapkan ini, Insa Allah kami coba sebenarnya selama tiga hari, mulai Tanggal 12 sampai 14 Juni. Jadi dua hari di hari libur satu hari di hari kerja, kami pengen liat seberapa sih kalau langsung kita ambil di depan," ujar Juswardi, Kamis (10/6/2021).

Selain untuk memperbaiki sistem pengelolaan parkir, Juswardi mengatakan kebijakan tersebut juga dilakukan, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bangka Barat.

"Makanya kami coba dengan sistem itu dengan sekali masuk, sekali bayar pengen coba berapa sih PAD yang dihasilkan dalam satu hari kalau dibandingkan dengan jukir (juru parkir) yang ngambil," ucapnya.

"Ini dilakukan karena keluhan dari ibu-ibu pengguna pasar atau pembeli sudah masuk ke bupati dan wakil bupati, bahwa alangkah ribetnya ke pasar. Dari sini bayar parkir di geser sedikit bayar, sedikit ke sana sedikit bayar parkir. Apalagi terkait masalah karcis ada yang tanpa karcis, macam-macam lah," tambahnya.

Untuk sementara terkait portal akan ditempatkan beberapa petugas yang akan secara langsung menarik biaya parkir, sedangkan untuk para juru parkir (Jukir) masih akan membantu ketertiban kendaraan di dalam pasar.

"Disebutnya sistem portal sebenarnya tapi bukan portal, portal itu kita sendiri yang jadi portal. Akan ada anggota ini dilakukan, karena kondisi portalnya sekarang masih rusak," katanya.

Sementara itu untuk tarif parkir kendaraan roda dua yakni Rp1.000, sedangkan untuk tarif kendaraan roda empat yakni Rp2.000.

"Jadi nanti kelihatan respon mereka juga seperti apa, tarif ini sudah sesuai dengan peraturan daerah. Untuk portal nanti akan dijaga, dari dua pintu masuk ke Pasar," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved