Breaking News:

Amalan dan Sunah Rasulullah yang Sangat Dianjurkan di Hari Jumat

Amalan di hari Jumat dianjurkan untuk dikerjakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Penulis: Magang6
Editor: Dedy Qurniawan
Istimewa
Kata-kata mutiara hari Jumat, satu di antaranya tentang waktu mustajab berdoa di hari Jumat. 

BANGKAPOS.COM- Amalan di hari Jumat ini, sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Sebab, jika dilakukan, amalan-amalan ini akan mendatangkan berkah yang luar biasa. 

Hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan hari Jumat

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim).

Berikut amalan di hari Jumat yang telah Bangkapos.com rangkum dari berbagai sumber :

1. Membersihkan Diri

Sesuai sunnah Rasul, kita harus membersihkan diri dengan mandi sunnah untuk niat menghadiri salat Jumat (bagi yang laki-laki). Selain itu memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut menjadi amalan baik sebelum melaksanakan salat Jumat.

2. Memperbanyak bacaan Alquran

Membaca Alquran menjadi kebutuhan bagi seorang Muslim setiap harinya. Namun membaca Alquran pada hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu hadist Nabi bahkan mengatakan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan membuat wajah pembacanya seperti disinari cahaya. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved