Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kondisi ABK LNG Dream Gawat Darurat, Tim Evakuasi Meluncur ke TKP Sekitar 4 Jam Perjalanan Laut

dr Bangun Cahyo Utomo menerima informasi ada satu ABK kapal LNG Dream membutuhkan Medical Evacuation (Medevac).

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo menerima informasi ada satu ABK kapal LNG Dream membutuhkan Medical Evacuation (Medevac).

ABK tersebut kewarganegaraan Filipina bernama Jay Clarence M Gapuz (L).

"Kita ditelpon dari kepala basarnas, bahwa ada kapal LNG Dream ada emergency call, maka akan dilakukan medical evacuation. Informasinya terjadi gagal napas dan henti jantung," kata dr Bangun saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, kapal LNG Dream yang berangkat dari Higashi Ohgishima Jepang ke Australia ini berada di laut Bangka, Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1.

"Kita sudah turunkan tim ada KKP, angkatan laut, satgas, nanti kita periksa dulu di sana sesuai dengan SOP. Sekarang sudah perjalanan ke sana, perjalanan kapal sekitar 4 jam sampai 5 jam.

Mereka berada di ALKI 1, alur pelayaran, tidak boleh turun karena hanya melintas, pada saat melintas, ada kejadian yang tidak diinginkan sehingga mereka melakukan emergency call," kata dr Bangun.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, tim evakuasi yang ke lapangan akan memastikan secara pasti kondisi ABK tersebut.

"Karena masa pandemi, jadi kita siapkan tim evakuasi terkait pencegahan Covid-19, kita pastikan dulu bahwa kejadian ini bukan karena Covid-19. Penyebab kita belum tahu, yang penting tim kita turunkan dulu," kata dr Bangun.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved