Breaking News:

Berita Sungailiat

Perumda Alam Launching Pupuk Kompos Setara, Bupati Bangka Siap Tambah Modal Bila Berhasil

Usai melaksanakan panen bawang merah perdana di kebun demplot Pemkab Bangka, Bupati Bangka Mulkan melanjutkan kegiatan melaunching pupuk kompos.

Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan melaunching pupuk kompos organik Setara hasil produksi Perumda Agro Lestari Mandiri (Alam) dan CV Surya Sukses Perkasa di gazebo rumah dinas Bupati Bangka, Jumat (11/06/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Usai melaksanakan panen bawang merah perdana di kebun demplot Pemkab Bangka, Bupati Bangka Mulkan melanjutkan kegiatan melaunching pupuk kompos organik Setara hasil produksi Perumda Agro Lestari Mandiri (Alam) dan CV Surya Sukses Perkasa di gazebo rumah dinas Bupati Bangka, Jumat (11/06/2021).

Pupuk kompos organik Setara ini diproduksi dari pabrik di Desa Jurung Kecamatan Merawang yang dikemas dalam karung plastik 10 kg dijual dengan harga Rp25.000 per karung (isi 10 kg).

Pada kegiatan ini dilakukan penandatangan MoU kerjasama antara Perumda Alam dengan CV Surya Sukses Perkasa disaksikan Bupati Bangka Mulkan dan Sekda Bangka, Andi Hudirman.

Direktur Perumda Alam, Erlan Hadi Susanto mengatakan pupuk kompos organik ini sudah melalui uji laboratorium untuk komposisi sudah memenuhi standar SNI.

"Kita sudah melakukan uji lab sehingga dalam kemasannya kita sudah bisa mencantumkan komposisi kandungan unsurnya, hal ini merupakan saran dan masukan dari teman-teman dinas pertanian dan hal ini bisa dipertanggungjawabkan sebagai produk pupuk kompos organik," kata Erlan.

Diungkapkannya, saat ini kapasitas produksi baru bisa 40 ton per bulan di lokasi pabrik di Desa Jurung Kecamatan Merawang.

"Untuk pemasaran saat ini kita bekerjasama dengan sejumlah BUMDes, pemilik toko-toko pertanian dan para petani langsung," ujar Erlan.

Bupati Bangka Mulkan melaunching pupuk kompos organik Setara hasil produksi Perumda Agro Lestari Mandiri (Alam) dan CV Surya Sukses Perkasa di gazebo rumah dinas Bupati Bangka, Jumat (11/06/2021)
Bupati Bangka Mulkan melaunching pupuk kompos organik Setara hasil produksi Perumda Agro Lestari Mandiri (Alam) dan CV Surya Sukses Perkasa di gazebo rumah dinas Bupati Bangka, Jumat (11/06/2021) (Bangkapos.com/Edwardi)

Bupati Bangka Mulkan mengatakan Perumda Alam ini harus memiliki kreativitas dan punya keinginan untuk maju dan berkembang ke depannya.

"Perumda Alam jangan hanya terpaku pada korps bisnis yang ditetapkan yakni energi dan pariwisata, tetapi juga harus mengembangkan sektor bisnis lainnya, seperti pupuk kompos organik Setara dan lainnya," kata Mulkan.

Ditambahkannya, apabila Perumda Alam ini nanti berhasil mengembangkan bisnis pupuk kompos organik Setara ini, maka Pemkab Bangka tidak akan merasa ragu lagi untuk menitipkan modal usaha yang lebih besar lagi.

"Pemkab Bangka tidak akan ragu lagi  mensubsidi modal kerja yang lebih besar lagi , bukan hanya Rp 500.000.000  mungkin bisa lebih besar lagi apabila Perumda Alam ini bisa berhasil mengembangkan bisnisnya ke depan , karena tunjukkan dulu bukti kerja dan produk bisnis yang bisa dilakukannya," kata Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved