Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Server Pendaftaran PPDB SMA/SMK Hidup Selama 24 Jam, Tak Terganggu Walau Terjadi Padam Listrik  

Dinas Pendidikan Bangka Belitung (Babel) bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Babel menyediakan

bangkapos.com
Kepala LPMP Provinsi Bangka Belitung, Hendri Gunawan.(Bangkapos.com/Riki Pratama) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Pendidikan Bangka Belitung (Babel) bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Babel menyediakan server sistem komputer yang memiliki layanan khusus berhubungan dengan penyimpanan data.

Server ini digunakan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Tahun Ajaran 2021/2022.

Kepala LPMP Provinsi Bangka Belitung, Hendri Gunawan, mengatakan, layanan server yang digunakan Dinas Pendidikan Babel mampu menampung sejumlah data base di atas 10 ribu.

"Server itu walaupun gangguan misalnya listrik mati, dia akan on terus sampai 24 jam selama tidak ada gangguan internet. Kita ada beberapa kendala akses, kemaren saat dicoba. Pertama ketika di atas 10 ribu sedikit melambat itu wajar saja, karena tetap ada keterbatasan.

Tetapi data base yang masuk ke SMA/SMK di Babel tidak sampai Rp 100 ribu jadi masih cukup menunjang kecuali bicara di daerah pulau Jawa yang penduduknya banyak,"kata Hendri Gunawan kepada Bangkapos.com, Jumat (11/6/2021) di tempat kerjanya.

Hendri, menambahkan kenapa dalam penerimaan PPDB tidak menggunakan server lokal. Menurutnya terjadi keterbatasan dan kehandalan, sehingga dapat menghambat proses pendaftaran PPDB secara online.

"Kalau pakai server lokal ketika proses mati lampu terganggu. Tetapi kalau dengan domain yang sekarang digunakan ini akan on terus itu dari sisi kehandalan. Kemudian servernya apabila tidak ada kendala dengan internet tidak jadi masalah, selama semua tempat sekolah memiliki jaringan internetnya,"jelasnya.

Pelaksanaan PPDB secara online telah dibuka sejak, Kamis (10/6/2021) kemarin. Selama dibuka secara online, Hendri mengatakan belum terjadi gangguan terhadap server dan jaringan yang digunakan dalam pendaftaran online.

"Belum dapat laporan dinas pendidikan dan dari pantauan teman kita disini tidak ada masalah sih. Karena kita juga sebelumnya sudah ada uji coba aksesnya memang ada kendala kita antisipasi, sekarang tidak ada masalah lagi,"jelasnya.

Hendri, menjelaskan kendali terhadap pelaksaan PPDB online dilakukan oleh dinas pendidikan pihak LPMP saat ini hanya menyiapkan rumahnya saja.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved