Breaking News:

'Kolabor-Aksi' Melati Erzaldi, Gabungkan Kreativitas dengan Kekayaan Potensi Alam

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi menggaungkan kolabor-aksi.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Acara penutupan kegiatan Pelatihan Batik Mangrove di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (12/06/2021). 

BANGKAPOS.COM -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi menggaungkan 'kolabor-aksi' di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kolabor Aksi ini menggabungkan antara daya kreatviitas dengan kekayaan potensi alam untuk melahirkan produk-produk bernilai ekonomi.

Bukan hanya sekedar tagline belaka, namun juga jadi aksi nyata Dekranasda Bangka Belitung, terutama menyangkut suntikan dana daripusat yang disusun sejak 2018. 

Dijelaskan Melati Erzaldi, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang sudah memiliki  Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) yang disusun tahun 2018, sehingga pemerintah pusat siap menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten dan kota di Bangka Belitung yang bakal dipakai untuk membantu perkembangan UMKM dan usaha kreatif lokal. 

Diantaranya yang berpeluang mendapat program DAK dari pusat adalah pendirian sentra batik di Belitung.

"Ini bentuk sinergitas, jika kita bekerja sendiri-sendiri tidak bisa, tetapi jika kita berkolabor-aksi dan bersinergi, maka akan lebih maju dan lebih mudah berjalannya," ungkap Melati Erzaldi saat penutupan kegiatan Pelatihan Batik Mangrove di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (12/06/2021). 

Terkait 'kolabor-aksi' tersebut, pelatihan demi pelatihan terus dilakukan untuk membekali ilmu kepada para pelaku UMKM serta memotivasi mereka untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Bangka Belitung, seperti yang juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) bagi para pengerajin batik di Batik Mangrove. 

Ketua Harian Dekranasda Belitung Timur, Drs. Liantim yang sekaligus menjabat sebagai Kepala DPMPTSP dan Perdagangan Belitung Timur bahwa dengan kolaborasi antara dinas dan dekranasda, mereka berencana akan membangun sentra batik di Desa Lenggang, Gantung Belitung Timur. 

"Kami telah mensosialisasikan dengan pemerintah desa (pemdes) setempat dan mendapat sambutan baik," ungkapnya. 

Rencana pembangunan sentra batik ini merupakan bantuan dari Kementerian Perindustrian di desa tersebut. Terpilihnya Desa Lenggang dikarenakan sesuai dengan tematik desa ini yang lekat dengan Laskar Pelangi. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved