Breaking News:

Euro 2020

Timnas Inggris Dijuluki The Three Lions, Ini Asal-usulnya

Emblem bergambar tiga singa sudah menjadi logo FA sejak berdiri pada 1863, yang kemudian mengalami berbagai perkembangan desain sampai saat ini

Editor: suhendri
AFP/ANDREJ ISAKOVIC
Skuad timnas Inggris ketika merayakan gol pada pertandingan Montenegro vs Inggris di Stadion Podgorica City pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, 25 Maret 2019. 

BANGKAPOS.COM - Timnas sepak bola Inggris memiliki reputasi sebagai yang tertua di dunia sejak kali pertama terbentuk pada 1870 silam.

Pembentukan skuad Inggris merupakan hasil inisiatif Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk kemudian melakukan pertandingan dengan negara tetangga mereka, Skotlandia, pada 1872.

Belakangan, timnas Inggris mempunyai julukan sebagai skuad The Three Lions yang merujuk pada penempatan logo FA bergambar tiga ekor singa pada seragam atau kostum pertandingan.

Lantas bagaimana asal mula emblem tiga singa tersebut bisa dipakai oleh timnas Inggris hingga melahirkan julukan bagi mereka?

Emblem bergambar tiga singa sudah menjadi logo FA sejak berdiri pada 1863, yang kemudian mengalami berbagai perkembangan desain sampai saat ini.

Namun, logo tersebut sudah dikenakan oleh para pemain timnas Inggris sejak menggelar pertandingan melawan timnas Skotlandia pada 1872.

Sejarah awal dari emblem The Three Lions berawal dari era kekuasaan Raja Richard I yang menggunakannya sebaagai simbol kerajaan Inggris pada abad ke-12.

FA mengadopsi logo tersebut serta menaruhnya pada kostum pertandingan berwarna putih ketika membentuk timnas Inggris, serta bertahan sampai sekarang.

Dilansir dari laman Guardian, FA sempat mengubah logo atau emblem untuk timnas Inggris pada 1949 untuk membedakannya dengan simbol milik tim cabang olahraga kriket.

Ubahan yang dilakukan adalah menghilangkan gambar mahkota, yang sebelumnya berada pada bagian atas logo tersebut.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved