Breaking News:

Berita Sungailiat

Kisah Owner Kopi Kekinian Sukses Bikin Minuman Single Origin Coffee Pertama nan Terjangkau di Bangka

Bisnis dapat berawal dari hobi. Seperti yang dilakoni oleh Andry Kusuma (39). Berawal pada kecintaannya pada kopi sejak kecil membuat pengusaha lokal

Editor: Fery Laskari
istimewa
Owner Produk Kopi "Hanya Kopi" Andry Kusuma 

BANGKAPOS.COM , BANGKA  - Bisnis dapat berawal dari hobi. Seperti yang dilakoni oleh Andry Kusuma (39). Berawal pada kecintaannya pada kopi sejak kecil membuat pengusaha lokal Bangka satu ini memilih untuk terjun ke dunia bisnis dan memilih bisnis kopi sebagai usaha yang digelutinya.

"Bisa dibilang saya sebagai pecinta kopi, karena sejak kecil sudah suka dan terbiasa minum kopi. Sampai beranjak remaja hingga sekarang hobi saya memang suka ngopi dan mencoba-mencoba kopi di berbagai tempat," ujar Andry kepada Bangkapos.com, Senin (14/6/2021).

Lambat laun dirinya mulai terpikirkan untuk mencoba terjun ke dunia bisnis kopi. Meski mengaku saat itu belum memiliki kemampuan dalam, namun tekadnya sudah begitu kuat. Andry ingin menciptakan sebuah produk minuman kopi yang berbeda dari yang produk kopi lain yang tersedia di Wilayah Bangka.

"Waktu itu ingin saya adalah menciptakan kopi yang berkelas namun dengan harga relatif terjangkau," katanya.

Memang tak mudah bagi Andry dalam mempersiapkan usahanya ini. Mulai mencari referensi bahan kopi, hingga bereksperimen membuat kopi menjadi seduhan nikmat dengan rasa khas yang diinginkannya. Apalagi semua itu dilakukannya secara otodidak.

"Benar-benar disitu saya belajar otodidak. Gagal coba lagi, gagal coba lagi, sampai saya menemukan citarasa kopi yang pas sesuai yang saya inginkan," katanya.

Di sela-sela bereksperimen tersebut pun Andry juga aktif mengikuti sejumlah kursus online tentang kopi untuk semakin menambah wawasannya.

Eksperimen panjang yang dilakukannya selama satu tahun pun membuahkan hasil. Akhirnya Andry berhasil menemukan kopi dengan resep pas yang diinginkannya. Hal itu kemudian membawanya untuk mantap mendirikan usaha kopi dengan nama Brand Hanya Kopi miliknya ini di Tahun 2019.

Andry mulai menawarkan kopi kekinian miliknya ini pada teman-teman, tetangga, dan saudaranya.

"Mulai nawarin satu-satu ke orang-orang terdekat, awalnya sih agak sulit ya karena orang bingung juga kopi apa ini, ada kafenya nggak. Padahal mereka belum mencoba kopi milik saya ini," ucap Andry.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved