Breaking News:

advertorial

Pemkot Pangkalpinang Meluncurkan Portal Satu Data Indonesia melalui Diskominfo

(Diskominfo) meluncurkan Portal Satu Data Indonesia Kota Pangkalpinang dan penandatanganan nota kesepahaman komitmen. Jumat (11/6).

Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Kota Pangkalpi­nang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan Portal Satu Data Indonesia Kota Pangkalpinang dan penandatanganan nota kesepahaman komitmen mendukung satu data Indonesia Kota Pang­kalpinang.

Peluncuran portal dan penandatanganan nota kesepahaman tersebut berlangsung di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang, Jumat (11/06/2021).

Portal satu data merupakan kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral.

Kepala Diskominfo Kota Pangkalpinang Sarbini menyebutkan, evaluasi pelaporan dan pengendalian semuanya membutuhkan data diperlukan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi sampai pada pelaporan dalam proses pembangunan, tinggal menyesuaikan. Sebelumnya sangat susah memperoleh data yang lengkap, banyak data tidak mutakhir dan aktual hingga perbedaan data.

Dengan demikian, kata Sarbini, keluarlah Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dinas teknis yakni diskominfo diamanatkan sebagai wali data yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, lalu memublikasikan data.

“Data-data itu dikumpulkan dari OPD teknis, maka OPD adalah produsen data atau data sektoral dalam hal ini. Jadi di sini ada wali data, produsen data, dan pembina data. Pembina, kita ada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang, kita bersinergi dengan baik dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia,” kata Sarbini dalam sambutanya.

Ke depan, lanjut dia, akan diterapkan satu pintu supaya data dapat diakses atau diperoleh dengan mudah. Pihaknya telah menyiapkan rumah yang ada perabotnya yakni kumpulan data agar lebih mudah diakses.

“Kita menyiapkan satu pintu untuk memperoleh data itu dengan mudah dan bisa berbagi pakai. Inilah yang namanya portal satu data Indonesia Kota Pangkalpinang. Jadi, tidak perlu repot lagi mencari data, data apa pun itu yang sifatnya sektoral cukup klik portal satu data Kota Pang­kalpinang,” tutur Sarbini.

“Apa pun yang dilakukan untuk mempermudah proses satu data masih terus berproses. Pengembangan data-data ini masih berkembang di pusat,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved