Breaking News:

Otomotif

Siapkan Langkah Aman, Ini Tips Jumper Aki Mobil

Aki dengan kualitas yang kurang baik tentu akan menyebabkan kerja berbagai perangkat kelistrikan jadi tidak optimal.

Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi Aki mobil 

BANGKAPOS.COM - Aki jadi komponen vital dalam menunjang kinerja berbagai perangkat kelistrikan pada mobil.

Aki dengan kualitas yang kurang baik tentu akan menyebabkan kerja berbagai perangkat kelistrikan jadi tidak optimal. Saat aki mulai soak, mobil pun juga tidak bisa untuk distarter.

Tentu ini jadi masalah terutama jika sedang dalam kondisi darurat. Oleh karena itu, jumper jadi solusi paling cepat dalam kondisi darurat agar aki mobil mendapatkan daya dan mobil bisa dikendarai menuju bengkel terdekat.

Ada langkah-langkah yang disarankan oleh tenaga ahli agar proses melakukan jumper tetap aman.

Saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021), Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan langkah-langkah aman untuk melakukan jumper aki mobil.

"Siapkan kabel jumper yang bagus begitu juga klemnya, siapkan aki donor utk men-jumper. Pastikan aki donor dalam keadaan bagus, kapasitas dan nilai ampere-nya minimal sama atau lebih besar dari aki yang akan di-jumper," kata Didi.

Kabel yang digunakan haruslah kabel khusus untuk jumper karena arus listrik yang akan mengalir memiliki daya yang tinggi.

Penggunaan kabel khusus bertujuan demi keamanan untuk menghindari potensi korsleting.

"Lalu kondisi kelistrikan mobil harus dimatikan terlebih dahulu. Pasang klem positif (+) yang berkabel merah pada kedua aki, lalu baru pasang yang negatif (-) warna hitam. Pastikan pemasangan klem sudah kencang untuk menghindari timbulnya percikan api," kata Didi lebih lanjut.

Setelah klem terpasang dengan kencang, mulailah mencoba menyalakan mesin mobil yang akinya soak.

Setelah menyala, tunggu beberapa menit untuk mengisi daya pada aki yang soak. Untuk melepas klem dan kabel jumper harus berhati-hati.

Lepas klem negatif (-) pada aki mobil yang bermasalah dulu, baru kemudian pada aki yang normal. Lakukan dengan urutan yang sama untuk klem positif (+).

Pastikan pula saat proses melepas klem tidak menyenggol bagian mobil lainnya terutama yang berbahan logam. Harap diingat, upaya jumper aki ini hanya dilakukan dalam kondisi darurat.

Jika jumper aki masih tidak berhasil, maka artinya mobil memang harus diservis oleh tenaga ahli di bengkel. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Langkah Melakukan Jumper Aki Mobil yang Aman"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved