Breaking News:

Berita Kriminalitas

Tekan Aksi Premanisme, Begini Upaya Petugas di Pangkalbalam

Poksekwas Pelabuhan Pangkalbalam bersama Kantor Kesyahbandaran dan otoritas Pangkalbalam dan Pelindo Pangkalbalam

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
Istimewa
Poksekwas Pangkalbalam 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Polsekwas Pelabuhan Pangkalbalam, bersama Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Pelindo Pangkalpinang, Bangka Belitung, mensosialisasikan kepada sopir angkutan khusus pelabuhan (Angsuspel).Sosialisasi itu dilakukan, guna menindak lanjuti perintah dari Surat Telegram dari Kapolri untuk menekan aksi premanisme, khususnya di Kawasan Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (14/6/2021)

“Kegiatan ini rutin kami lakukan dengan bertujuan untuk meminimalisir aksi premanisme dan pungli serta menghimbau masyarakat tentang prokes di tengah pandemi. Harapannya kawasan pelabuhan sehat dari penyakit masyarakat dan wabah covid-19,” kata Kapolsekwas Pelabuhan Pangkalbalam, Iptu Shanice Sumbung, Senin (14/6/2021)

Berdasarkan data, kata Shanice, selama satu tahun ke belakang, Polsekwas tidak menemukan ataupun menerima laporan pengaduan berkaitan dengan tindak pidana umum baik itu pencurian, pemerasan, maupun penganiayaan.

Beberapa hal yang menguntungkan Pihak Polsekwas dalam mewujudkan kemananan di wilayah Pangkalbalam karena di dalam kawasan ini terdapat KSOP, Pelindo, Direktorat Polair Polda Babel, Karantina, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), serta Beacukai.

"Disamping itu juga terdapat Standar Operasional Prosedur (SOP) dimana setiap kendaraan yang masuk maupun keluar harus melewati penjagaan serta untuk anggota TKBM dan angsuspel jelas dan terdaftar“ ucapnya

Dengan penerapan SOP tersebut, pelaksanaan bongkar muat dan antri kendaraan tidak menghambat proses distribusi barang dan orang. Sehingga meniadakan niat dan kesempatan terjadinya tindak pidana.

“Alhamdulillah kami selaku supir dan buru TKBM mulai dari pintu masuk pelabuhan sampe ke kapal ataupun sebaliknya tidak keluar uang satu rupiahpun” ujar Dani selaku Wakil Ketua Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel), yang biasa mengangkut barang ke Jakarta maupun bongkar muat di Pelabuhan Pangkalbalam.

Sementara itu, Ketua Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Hazali, menyampaikan ucapan terima kasihnya, kepada Kepolisian khususnya Polsekwas Pangkalbalam dan stakeholder yang lain. Telah membina mereka sehingga dapat membantu mewujudkan keamanan di Polsek Pangkalbalam.

“Saya selaku ketua TKBM menyampaikan ucapan terima kasih selama saru tahun kebelakang ini, wwilayah kawasan pelabuhan aman dan tidak terdapat pungli maupun aksi Premanisme” kata Hazali.

TKBM dan angsuspel Pelabuhan Pangkalbalam berharap dengan adanya kerjasama dan koordinasi dari Polsekwas Pelabuhan Pangkalbalam dan stakeholder, kedepannya Pelabuban Pangkalbalam, dapat lebih aman dan lebih baik kedepannya.

“Kami menjamin kawasan pelabuhan bebas dari pungli dan premanisme, jika ditemukan pungli dan aksi premanisme jangan sungkan untuk segera laporkan ke polsekwas pelabuhan pangkalbalam atau dapat menghubungi call center 110” tambah Shanice. (Bangkapos.com/Yuranda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved