Breaking News:

Apa Itu Penyakit Ain : Penyakit dari Pandangan Mata dan Hati

Cara mencegah dan mengobati penyakit ain dilakukan dengan selalu mendoakan keberkahan serta bertawakal kepada Allah.

Editor: Evan Saputra
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Mata 

Apa Itu Penyakit Ain : Penyakit dari Pandangan Mata dan Hati

BANGKAPOS.COM - Penyakit 'Ain disebabkan pengaruh dari pandangan mata yang disertai sifat dengki atau iri, cinta, takjub terhadap seseorang yang dipandang melalui media foto, video atau bahkan orang buta sekalipun yang hanya bisa mendengar cerita yang membangkitkan jiwanya untuk mendengki, juga bisa menyebarkan penyakit Ain ini.

Melalui pandangan mata dan perasaan di dalam hati inilah yang bisa menjadikan jalan bagi setan untuk dimanfaatkan menjadi penyakit sehingga punya potensi berbahaya bagi orang yang terkena pandangan ini.

Penyakit ini dapat muncul dari pandangan orang yang jahat ataupun orang yang baik sekalipun, baik pelaku melakukannya dengan sengaja ataupun tidak menyadarinya

Dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah:

"Ain dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respon jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut". (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Penyakit ain disebabkan oleh sifat hasad atau iri dengki terhadap nikmat yang dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu, Alllah meminta agar umat Muslim untuk berlindung dari sifat hasad.

Dalam Quran surat Al Falaq, ayat 5 yang berbunyi
Wa min syarri sidin i asad

Artinya: dan (berlindung) dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

Berkata Imam Ibnul Qayyim dalam Zadul Ma’ad: "Jiwa orang yang menjadi penyebab ‘ain bisa saja menimbulkan penyakit ‘ain tanpa harus dengan melihat.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved