Breaking News:

Gubernur Serahkan Bantuan Bibit Lada Sekaligus Tinjau Vaksinasi Covid-19 Warga Bencah

Bersama Koperasi Petani Lada Bangka Belitung, gubernur menyerahkan bantuan sebanyak 67.840 bibit lada atau hampir

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman serahkan Bantuan Bibit Lada Kepada Gapoktan/Poktan di Desa Bencah, Bangka Selatan, Selasa (15/6/21). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan kegiatan Penyerahan Bantuan Bibit Lada Kepada Gabungan Kelompok Tani/Kelompok Tani (Gapoktan/Poktan) di Desa Bencah, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (15/6/21). 

Bersama Koperasi Petani Lada Bangka Belitung, gubernur menyerahkan bantuan sebanyak 67.840 bibit lada atau hampir 42 hektar serta sarana produksi(Saprodi) kepada Gapoktan/Poktan yang ada di Desa Bencah. 

Erzaldi berharap, para petani di Desa Bencah ikut bergabung dengan Koperasi Petani Lada Bangka Belitung. Selain memberikan banyak manfaat, menurut gubernur Koperasi Lada yang dibentuk akan menjadi ekportir lada yang nantinya lebih mandiri sehingga dapat mengatur ketetapan harga. Dengan demikian, dapat meningkatkan daya saing lada Bangka Belitung

Dalam rangka itu juga, para petani lada di Desa Bencah ini diminta Erzaldi agar tidak hanya mengandalkan lada sebagai komoditi utama. Tetapi juga harus menanam komoditi lain seperti kacang tanah, kacang kedelai, jahe, atau pun jagung yang memiliki umur produksi yang relatif pendek sebagai tanaman sela lada. 

Koperasi Petani Bangka Belitung siap menjadi Off Taker/pembeli hasil produksi petani itu, dengan syarat harus bergabung dengan koperasi tersebut. Bersama koperasi, gubernur saat ini juga sedang mengembangkan komoditi kopi. 

"Selama para petani punya semangat dan kemauan untuk maju bersama, ayo kita bantu," ungkapnya. 

Pada saat penyerahan bantuan, orang nomor satu di Babel ini tertegun melihat salah satu petani penerima bantuan adalah seorang pemuda milenial. Sandy Pratama (19 tahun) yang mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang petani lada. Dengan semboyan "yang tue singgah luk, yang mude laju (yang tua istirahat, yang muda melanjutkan), dirinya mendapat apresiasi dari gubernur atas semangat dan kegigihannya menjadi seorang petani lada. Menurut Gubernur Erzaldi ini dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya. 

Terkait untuk menjaga kualitas Lada Bangka Belitung, gubernur menjelaskan pihaknya ke depan akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan masuknya lada dari daerah lain ke Bangka Belitung.

Disinyalir masuknya lada luar ke Bangka Belitung itu dimanfaatkan untuk menyamarkan lada itu menjadi lada Bangka Belitung

Pada kesempatan yang sama di Lapangan Futsal Desa Bencah tempat acara berlangsung itu, gubernur juga sekaligus menyaksikan secara langsung pelaksanaan penyuntikan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. 

Menurut gubernur, vaksinasi sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Namun demikian gubernur mengingatkan walaupun sudah divaksin, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan. Terlebih bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit komorbid. 

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel, Juaidi; Kepala Dinas Kesehatan Babel, Andri Nurtito; Staf Khusus Gubernur, Elly Rebuin; Ketua Koperasi Petani Lada Babel, Haji Sukri; Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bangka Selatan, Suhadi; Ketua BPPT Babel, Suharyanto; Camat; Kades; dan warga Desa Bencah.

(Penulis : Lulus/Foto : Umar/Editor : Lisia Ayu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved