Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Dinkes Gelar Vaksinasi Massal untuk Pedagang Pasar dan Masyarakat Umum di Pasar Rumput

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang menggelar vaksinasi covid-19 untuk pedagang pasar

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia
Andini Dwi Hasanah
Vaksinasi covid-19 untuk pedagang pasar dan pengunjung pasar rumput Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Rabu (16/6/2021). Tak hanya pedagang saja vaksinasi juga bisa diikuti oleh masyarakat umum minimal umur 18 tahun 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang menggelar vaksinasi covid-19 untuk pedagang pasar dan pengunjung pasar rumput Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Rabu (16/6/2021).

Tak hanya pedagang saja vaksinasi juga bisa diikuti oleh masyarakat umum minimal umur 18 tahun.

Terlihat sejak pukul 07:30 WIB sudah ada beberapa masyarakat yang menunggu kedatangan tim dari Dinas Kesehatan di bawah tenda yang sudah disediakan dekat pasar untuk vaksinasi.

Ayin (52) warga Pangkalbalam mengaku tak sengaja melihat spanduk vaksinasi covid-19 dekat pasar ketika ia mau berbelanja kebutuhan di Pasar Rumput.

"Tadi ga sengaja lewat terus liat ada spanduk vaksin jadi saya mampir sini dulu, soalnya kemarin nunggu jatah vaksin dari gereja belum juga ada panggilan," kata Ayin ketika ditemui Bangkapos.com di tenda tunggu vaksinasi, Rabu (16/6/2021).

Kata Ayin, memang sudah lama ia menunggu vaksinasi massal seperti ini tiba, sebab dirinya begitu ingin divaksin untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

"Ngapain takut, justru sudah lama kami sekeluarga menunggu vaksin massal seperti ini dekat daerah kami. Semoga dengan vaksin ini bisa lebih menjaga dan lebih sehat lah daya tahan tubuh kita lebih terjaga lagi," sebutnya.

Vaksinasi dapat dilakukan cukup membawa KTP dan ada Nomor Handphone saja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH) menyebut, hal ini dilakukan merupakan upaya percepatan capaian vaksinasi covid-19 di Kota Pangkalpinang.

"Ini salah satu percepatan capaian vaksin covid-19 di Kota Pangkalpinang yang sudah ditargetkan. Meskipun sebetulnya untuk petugas publik kita sudah melebihi target tapi lansia kita masih kurang nah untuk itu kita terus melakukan vaksin masal seperti ini sampai selesai semuanya," ungkap Hakim.

Hakim menyebut, hari ini pada vaksin masal untuk pedagang pasar pihaknya menyediakan 10 vial vaksin atau cukup untuk 100 orang.

"Kemarin vaksin di Pasar Pagi ada 80an orang nah target kita juga seperti itu kurang lebih hari ini, kalau kurang nanti kita tambah lagi kalau antusias masyarakat banyak," ujarnya.

Vaksinasi untuk petugas publik di Kota Pangkalpinang memang sudah melebih target, hingga saat ini sudah 118,67 persen atau 15.608 sasaran vaksin pada penyuntikan dosis pertama.

Kata Hakim fokus pelayanan vaksin covid-19 memang pada pedagang pasar dan lansia dan pra lansia saja.

"Kan untuk petugas publik kita sudah melebih target makanya kita fokuskan pada pedagang pasar kita saja untuk vaksinasinya, dan lansia dan pralansia juga menjadi fokus vaksinasi kita karena target capaiannya masih kurang," bebernya.

Hakim menuturkan, vaksinasi masal untuk pedagang pasar nanti akan dilakukan kembali namun masih belum mengetahui pasti dimana lokasi selanjutnya.

"Kalau selanjutnya pasti akan kita laksankan kembali, namun masih belum dipastikan lokasinya dimana nanti kita tentukan lagi, sementara sudah dua Pasar Pagi dan Pasar Rumput, kalau Mall dan tempat keramaian lainnya sudah kita lakukan juga," tuturnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved