Breaking News:

Berita Bangka Barat

Hasil Pungut Parkir Naik Lima Kali Lipat Sejak Uji Coba Portal Parkir di Pasar Muntok Bangka Barat

"Alhamdulillah setelah kita coba untuk penataan dan perubahan sistem pengaturan, untuk retribusi parkir banyak yang mendukung."

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)
Kabid Perhubungan, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Juswardi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabid Perhubungan, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Juswardi mengungkapkan, penerapan uji coba portal parkir sekali bayar di Pasar Muntok berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah setelah kita coba untuk penataan dan perubahan sistem pengaturan, untuk retribusi parkir banyak yang mendukung," ujar Juswardi, Rabu (16/06/2021).

“Dilihat secara peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) insyaallah kalau ini bisa ditetapkan dengan baik, insyaallah PAD kita akan meningkat,” katanya lagi.

Berdasarkan uji coba portal parkir selama tiga hari yang dimulai sejak Sabtu (12/06/2021) hingga Senin (14/06/2021) lalu, terdapat peningkatan pendapatan signifikan dari perubahan sistem parkir tersebut.

"Selama tiga hari dari sebelum dipungut jukir (juru parkir) kenaikan lumayan lah, dari nilai sebelumnya kisaran Rp 500 ribu per hari ini sekarang bisa naik empat sampai lima kali lipat.”

“Tapi ini kita masih terus berkoordinasi jangan sampai jadi polemik, nanti akan diatur pembagian untuk jukir seperti apa dan segala macamnya," tuturnya.

Namun diakuinya selain sistem parkir yang menggunakan portal dengan karcis sekali bayar, Juswardi mengungkapkan masih perlu adanya pembenahan lain seperti ketersediaan lapak parkir yang baik untuk masyarakat.

"Kendala kemarin saya turun langsung ke lapangan yaitu lapak parkir kayaknya tidak mencukupi lagi, setelah saya pantau overload.”

“Ini tidak bisa menampung karena saya lihat motor, sampai parkir di bahu jalan. Mungkin ini akan ditindaklanjuti, seperti apa perluasan lahan parkir ini," ucapnya.

Lebih lanjut Juswardi mengatakan ingin merubah wajah pasar Muntok, agar masyarakat dan pedagang nyaman beraktivitas serta tidak terkesan semrawut.

"Kami juga ingin pasar harus dibenahi jadi lebih higienis, bagus dan rapi. Ini yang kita inginkan awalnya dari parkir, nanti akan masuk selanjutnya seperti penataan lainnya. InsyaAllah, pasar ini wajahnya akan berubah lah lebih baik," tuturnya.

Diketahui sebelum adanya penerapan uji coba parkir dengan menggunakan portal sekali bayar, masyarakat yang berbelanja harus beberapa kali membayar parkir jika kendaraannya berpindah-pindah tempat walaupun masih dalam kawasan Pasar Muntok.

"Untuk parkir itu sekali masuk, di dalam pasar kita atur jadi dia bebas kalau mau pindah-pindah motor gak perlu bayar parkir lagi cukup sekali. Nah setelah keluar pasar menunjukan karcis, nanti kalau mau masuk bayar lagi. Bayar keluar masuk, tapi di dalam sudah tidak akan dipungut parkir lagi," ungkapnya.

Diketahui untuk tarif parkir kendaraan roda dua yakni Rp 1.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan tarif parkir yakni Rp 2.000.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved