Breaking News:

Otomotif

Hindari Terbakar Matahari, Ini Tips Rawat Speedometer Motor

Panel instrumen atau speedometer memiliki fungsi yang sangat penting, apalagi pada sepeda motor yang sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Motor Plus
Speedometer terbaru New Yamaha NMAX 2018. 

BANGKAPOS.COM - Panel instrumen atau speedometer memiliki fungsi yang sangat penting, apalagi pada sepeda motor yang sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Sebab, panel instrumen tersebut menyajikan beragam informasi mengenai kondisi motor.

Termasuk juga kode atau pemberitahuan jika motor mengalami masalah.

Namun, speedometer digital ini juga perlu dijaga. Jangan sampai komponen yang satu ini terbakar matahari atau mengalami sunburn.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kondisi tersebut memang kerap terjadi pada kendaraan yang sudah menganut speedometer digital.

"Tidak jarang konsumen yang mengeluhkan masalah speedometer terbakar. Dulu terjadi pada speedometer Supra 125, dan yang paling banyak juga terjadi pada Honda CS1," ujar Ribut, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jika speedometer digital sudah mengalami sunburn, mau tidak mau harus dilakukan perbaikan pada LCD yang terbakar atau ganti speedometer dengan yang baru. Tentunya, biayanya tidak murah.

Sebab, speedometer yang terkena sunburn sudah tidak bisa terbaca lagi.

Jadi, sulit bagi pengendara untuk mengetahui kondisi motornya. Bahkan, untuk mengetahui sisa bahan bakar yang ada di tangki.

"Kerusakan pada speedometer digital disebabkan pada motor yang sering parkir di luar ruangan atau tempat terbuka. Sebaiknya, pilih tempat parkir yang teduh atau tidak langsung terkena panas matahari," kata Ribut.

Ribut menyarankan, bisa juga ditutup dengan sticker hitam transparan. Jadi, indikator masih tetap terlihat, tetapi aman dari sorotan matahari. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Rawat Speedometer Motor agar Tidak Terbakar Matahari"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved