Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pagi Hari Cuaca Mendung Hingga Hujan di Wilayah Bangka, Tanda Peralihan Musim Kemarau

Beberapa hari terakhir, cuaca mendung dan gerimis kerap terjadi pada pagi hari

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas 1 Pangkalpinang,Kurniaji 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Beberapa hari terakhir, cuaca mendung dan gerimis kerap terjadi pada pagi hari di beberapa wilayah Bangka Belitung.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan kondisi cuaca tersebut merupakan satu di antara tanda musim pancaroba dan memasuki musim kemarau.

"Ini adalah salah satu tanda dari musim Pancaroba juga. Kondisi cuaca cepat sekali berubah, hujan bisa terjadi dalam waktu yang singkat, lokal dan bisa berkali-kali dalam periode 1 hari," ujar Kurniaji saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (16/6/2021).

Selain itu, tanda musim pancaroba sering disertai kejadian angin kencang dan puting beliung.

"Walaupun dibanding ketika musim penghujan, kejadian cuaca ekstrim berupa angin kencang dan puting beliung pada periode pancaroba ini cenderung lebih sedikit. Seluruh daerah di Bangka Belitung punya potensi yang juga sama besar terjadi kejadian ini," jelas Kurniaji.

Dia menambahkan saat ini sudah memasuki akhir dari musim pancaroba, pasalnya musim kemarau diprediksikan pada pertengahan bulan Juni 2021.

"Kita sudah di penghujung Pancaroba (Musim hujan ke kemaurau) saat ini, karena sesuai informasi dari Stasiun Klimatologi Koba Bangka Tengah, Musim Kemarau khususnya untuk wilayah Pulau Bangka secara umum dimulai pada Dasarian III (tanggal 21 - 30) Bulan Juni 2021," kata Kurniaji.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved