Breaking News:

Berita Bangka Barat

Tak Temukan Penambang di Teluk Kelabat Dalam, Kompol Evry Duga Penertiban Sudah Bocor

Tim gabungan TNI/Polri dan Sat Pol PP Bangka Barat tidak menemukan satupun penambang di perairan teluk Kelabat Dalam Desa Bakit, Bangka Barat.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: El Tjandring
(Ist/Polres Bangka Barat)
Anggota Polres Bangka Barat melakukan penertiban tambang di Desa Bakit, Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Tim gabungan TNI/Polri dan Sat Pol PP Bangka Barat tidak menemukan satupun penambang di perairan teluk Kelabat Dalam Desa Bakit, Kabupaten Bangka Barat.

Padahal lokasi tersebut dilaporkan sedang ramai oleh panambang yang melakukan aktivitas mencari pasir timah.

Kabag Ops Polres Bangka Barat, Kompol Evry Susanto membenarkan Polres Bangka Barat telah melakukan penertiban terkait adanya penambangan ilegal selama tiga hari sejak Selasa (15/06/2021) hingga Kamis (17/06/2021) besok.

"Jadi dari kemarin ada juga kegiatan masalah tambang timah, memang ada perintah dari Polda. Kita juga mengikuti Polres Bangka dan Polres Selatan, jadi apabila ada yang lari ke daerah kita bisa kita tangkap," ujar Kompol Evry Susanto, Rabu (16/06/2021).

Diketahui untuk perairan teluk Kelabat dalam merupakan zona zero tambang, sesuai dengan peraturan daerah RZWP3K (Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil).

"Dari hasil rapat sebelumnya dengan Wakil Bupati, tidak boleh melakukan penambangan secara liar. Kalau ada surat izin, kita lihat surat izin sejauh mana. Kemarin kita penertiban, tapi memang tidak ada yang melakukan penambangan timah di perairan Bangka Barat," ucapnya.

Evry Susanto menegaskan akan melakukan tindakan tegas, jika menemukan adanya tindakan penambangan ilegal di perairan teluk Kelabat dalam.

"Seandainya kemudian hari ditemukan, akan kita tindak dan tidak ada pandang bulu.”

“Kalau berhasil menemukan barang bukti kita lihat dulu sudah mencukupi atau belum, nanti akan kami panggil Satreskrim yang memproses dari penambangan itu," jelasnya.

Namun dari dua hari penertiban, anggota Polres Bangka Barat tidak berhasil menemukan adanya penambangan yang berada di wilayah perairan Teluk Kelabat Dalam.

"Tidak ada yang berhasil diamankan, karena itu kosong semua. Jadi tidak ada mungkin sudah bocor, setiap razia bocor terus gak tau siapa yang bocorin," tuturnya.

Sementara itu Kompol Evry Susanto mengatakan akan menempatkan anggotanya secara bergantian, di Desa Bakit untuk melakukan pengamanan terkait adanya penambangan timah.

"Dampak dari beroperasi tambang dapat mengurangi tangkapan, para masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Kita akan tetap melaksanakan penertiban tambang, sampai situasi kondusif di wilayah zona nelayan teluk Kelabat dalam," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved