Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Satlantas Polres Pangkalpinang Terapkan Aplikasi Kebisingan saat Razia Knalpot Brong

Satuan Lalulintas Polres Pangkalpinang sudah menerapkan aplikasi kebisingan, saat menggelar razia knalpot racing atau brong.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Ist/Satlantas Polres Pangkalpinang
Satlantas Polres Pangkalpinang razia kendaraan bermotor menggunakan knalpot racing dan pelanggar kasatmata di Kota Pangkalpinang, Rabu (16/6/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Satuan Lalulintas Polres Pangkalpinang sudah menerapkan aplikasi kebisingan, saat menggelar razia knalpot racing atau brong, di Kota Pangkalpinang.

Aplikasi itu gunakan untuk mengukur, tingkat kebisingan yang dikeluarkan pipa  tersebut.

Kasatlantas Polres Pangkalpinang AKP Toni Susanto mengatakan, pihaknya telah menerapkan alat pengukur kebisingan suara yang dikeluarkan oleh knalpot racing tersebut.

"Sudah, kami sudah gunakan aplikasi kebisingan," kata Toni, saat dihubungi Bangkapos.com, Kamis (17/6/2021)

Ia menegaskan semua itu sudah mulai diperketat. Penindakan dilakukan terhadap pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan kebisingan knalpot ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009.

"Dalam peraturan tersebut dibedakan tingkat kebisingannya berdasarkan kubikasi, untuk 80cc tingkat kebisingannya maksimal 77 dB, untuk 175cc maksimal 80 dB (dB=Decibel / satuan keras suara) dan untuk lebih dari 175cc maksimal 83 dB. Diregulasi ini mengatur untuk kendaraan baru,"  jelas Toni.

Pengguna kendaraan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku akan segera ditindak tegas dan dilakukan penilangan.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved