Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Ada yang Dapat Rp500 Juta, Bank Sumselbabel Koba Kucurkan Rp11 Miliar Bantu Modal UMKM

Bank Sumselbabel Cabang Koba telah mengkucurkan dana sebesar Rp11 Miliar ke pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Bangka Tengah.

Penulis: Sela Agustika | Editor: El Tjandring
(bangkapos.com/Sela Agustika)
Pelayanan di Bank Sumsel Babel, Cabang Koba. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bank Sumselbabel Cabang Koba siap mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Bangka Tengah, khususnya dalam mendapatkan bantuan modal usaha.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Koba, Muslimin menyebutkan bahwa pihaknya telah mengkucurkan dana sebesar Rp11 Miliar ke pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Bangka Tengah.

"Sesuai data kita per Mei 2021, sudah Rp11 Miliar kita kucurkan dana pinjaman modal usaha ke pelaku UMKM se-Bangka Tengah," kata Muslimin, Jumat (18/6/2021).

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah pelaku UMKM yang mendapatkan kucuran dana dari pihaknya kurang lebih sebanyak 400 nasabah yang terdiri dari  beragam usaha, mulai dari pedagang kaki lima, pelaku usaha perkebunan sawit, jual beli sawit, kebun karet, perbengkelan dan lain-lain.

Lanjut Muslimin, pinjaman modal usaha yang diberikan per nasabah bervariatif, mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 500 juta tergantung anggunan dan kemampuan nasabah dalam membayar kredit.

"Untuk pinjaman ini bervariasi dengan angka maksimal Rp500 juta ada 10 nasabah, dan sisanya meminjam modal dibawah Rp.500 jutaan," ujar Muslimin.

Sementra Ia menyebut, pada program Kredit Usaha Rakyat (KUR), bunga yang dikenakan kepada nasabah hanya 6 persen pertahun dengan syarat peminjaman, yakni identitas diri, anggunanan berupa sertifikat tanah, BPKP Kendaraan.

"Jadi setelah berkas persyaratan lengkap, kita akan melakukan survey lapangan. Keputusan disetujui atau tidak pinjaman modal usaha akan diberitahukan ke nasabah paling lama 14 hari kerja," ungkap Muslimin.

"Kalau memang rill usahanya, dan kita anggap nasabah itu mampu bayar kredit tetap akan di permudah proses pencairan dalam waktu singkat. Bahkan selama ini sebagian besar usulan nasabah di Bank Sumselbabel Cabang Koba kita terima," tuturnya.

Selama pandemi ia menyebut memang ada beberapa angsuran kredit yang mengalmi kemacetan, namun pihaknya mencatat kurang lebih hanya satu persen dari total 400 nasabah

"Kendati macet ini kita maklumi mengingat kondisi saat ini, tapi nasabah Bank Sumselbabel masih konsisten membayar sehingga tidak ada penyitaan anggunan atau jaminan dari kami hingga sekarang," ulasnya.

Ia menyebut, dalam proses peminjaman kegiatan KUR, pihaknya pun siap mendukung dan akan mempermudah prosesnya.

"Kami tidak akan mempersulit warga, prosesnyapun cepat dengan suku bunga 6 persen pertahun. Tentunya untuk warga Bateng kita siap dukung menggunakan fasilitas Bank Sumselbabel dalam transaksi pembayaran apapun, terutama kegiatan perkreditan,"ujar Muslimin

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved