Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Baznaz Babel Serahkan Bantuan Uang Berobat ke Dely Hardy Penderita Tumor dan Beasiswa Anaknya

Wajah Dely Hardy (39) warga Kampak, tampak terharu mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp5 juta dari Badan Amil Zakat Nasional ((BAZNAS) Babel.

Penulis: Widodo | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Widodo
Pemberian bantuan biaya berobat sebesar Rp5 juta oleh Ketua Baznas Provinsi Bangka Belitung, HM Arif kepada Dely Hardy warga Kampak yang menderita tumor ganas, Jumat (18/6/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wajah Dely Hardy (39) warga Kampak, Kota Pangkalpinang tampak terharu mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp5 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bangka Belitung.

Ditemui oleh Baznas dan media di kediamannya pada Jumat (18/6/2021), Dely Hardy hanya terbaring lemas di kamar tidur ditemani oleh keluarganya.

Diketahui, pria 39 tahun itu mengidap penyakit tumor ganas di bagian perutnya kurang lebih satu tahun terakhir, sehingga tidak bisa melanjutkan pekerjaan sehari-hari.

Selain memberikan bantuan sebesar Rp5 juta, Baznas Provinsi Babel juga memberikan bantuan beasiswa kepada anak Hardy yang saat ini masih sekolah di Pesantren di Air Itam Kota Pangkalpinang sebesar Rp 3,2 juta yang diterima langsung oleh Dely Hardi.

Wakil Ketua Bidang l Pengumpulan Zakat Baznas Provinsi Bangka Belitung, Dr Haridi Hasan mengatakan, Badan Amil Zakat Provinsi Bangka Belitung secara undang-undang zakat nomor 23 tahun 2011 tentang pengeluaran zakat sudah menjadi tugas untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi tingkat kemiskinan.

Namun, kalau zakat sesuai dengan tuntutan agama diberikan bagi yang memenuhi delapan asnaf yakni fakir, miskin, Amil, Mualaf, Riqab, Gharimin, Fisabilillah dan Ibnu Sabil.

"Di samping kegiatan-kegiatan lain, Baznaz Bangka Belitung saat ini memfokuskan untuk konsumtif seperti Fakir dan miskin atau orang yang tidak mampu tetapi yang kita prioritaskan beragama Islam," ujar Dr Haridi kepada Bangkapos.com.

Kemudian Ia melanjutkan, fokus kedua beasiswa untuk dana pendidikan, mereka yang tidak mampu misalnya sudah nunggak 4 bulan atau 5 bulan boleh datang ke Baznas, ajukan proposal, Insya Allah dibantu, jangan sampai putus sekolah.

Fokus yang ketiga adalah kesehatan, seperti yang dilakukan Baznas Provinsi Babel saat ini memberikan santunan kepada pengidap tumor ganas di Kelurahan Kampak.

"Walaupun tidak mencukupi untuk biaya berobat, tetapi setidaknya membantu meringankan beban keluarga Delly Hardy yang menderita tumor. Kemudian anaknya kita berikan bantuan beasiswa karena bapaknya sakit otomatis uang sekolahnya macet itu kita bantu," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved