Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Program Bunda Paud Bangka Tengah, Eva Ingin Lestarikan Permainan Tradisional  

Bunda Paud Bangka Tengah, drg Eva Fidia Algafry ingin menghadirkan kegiatan yang menarik dan bermanfaat untuk anak-anak di usia bermain di Bangka Teng

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
drg Eva Fidia Algafry dalam dilaog ruang tengah bersama Bangka Pos dengan tema melestarikan permainan tradisional, Jumat (18/6/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bunda Paud Bangka Tengah, drg Eva Fidia Algafry ingin menghadirkan kegiatan yang menarik dan bermanfaat untuk anak-anak di usia bermain di Bangka Tengah (Bateng).

Kata Eva satu di antara konsen Program Bunda Paud Bangka Tengah saat ini ingin lebih memperkenalkan permainan tradisional.

Awalnya permainan tradisonal sudah dicoba dimainkan oleh para pengajar di Paud  Bangka Tengah dan dibuatkan sebuah video agar dapat ditontonkan oleh anak-anak.

"Di mana kita ketahui permainan tradisonal kan sebagai warisan nusantara yang harus tetap kita lestarikan, dan sekarang juga sudah tidak lagi dikenal anak-anak, apalagi di masa sekarang ini tekhnologi sudah menjadi kebutuhan. Di masa pandemi permainan tradisonal ini semakin dipinggirkan," kata drg Eva Fidia Algafry, Jumat (18/6/2021), dalam Acara Dialaog Ruang Tengah bersama Bangka Pos, Tema "Melestarikan Permainan Tradisional".

Menurutnya, tekhnologi saat ini sudah menjadi kebutuhan sebab dipaksakan untuk dapat menggunakan termasuk anak paud juga mengirmkan tugas dan pembelajaran melalui handphone.

"Artinya kalau kita bicara anak lekatnya dengan permainan, dengan bermaian anak bisa mengeksplore banyak hal, bisa mengenal dan mengetahui banyak hal, sangat sayang sekali kalau dimasa pendidikan anak usia dini (Paud) ini masa bermainnya justru kurang di mana permainan saat ini sudah melalui virtual," sebutnya.

Melalui permainan secara virtual sebetulnya kata dia, tidak ada interaksi, hingga tidak ada ikatan emosional di dalamnya.

"Untuk itu permainan tradisional menjadi satu dari sekian banyak pilihan sebenarnya untuk melakukan aktivitas. Nah yang perlu ditekankan juga bermain permainan tradisional itu bukan hanya sekedar bermain tapi banyak sekali nilai-nilai yang bisa kita dapatkan," jelasnya.

Saat bermain sebenarnya anak akan terhibur, ada interaksi sosial, anak dengan guru, anak dengan anak hal demikian yang sedang kembali digiaatkan oleh Eva yang juga merupakan seorang dokter gigi ini.

"Kemudian nilai edukatif tentunya, nilai pembelajaran dari bermain banyak sekali pelajaran yamg bisa kita dapatkan terutama nilai kejujuran saat dia bermain, kemudian bagaimana belajar bertanggung jawab, lalu konsentrasi, kesabaran, komunikasi yang baik, banyak sekali yang lainnya," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved