Breaking News:

Kesehatan

Stress Berlebihan Bisa Tingkatkan Resiko Asam Lambung Naik ? Simak Penjelasannya

Stres menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan berbagai macam gangguan pencernaan

Penulis: Magang6 | Editor: Evan Saputra
freepik
Asam lambung 

BANGKAPOS.COM - Perlu diketahui bahwa kesehatan mental merupakan salah satu hal yang memberikan pengaruh besar pada kesehatan fisik dan tubuh secara keseluruhan.

Di mana kondisi pikiran dan jiwa yang sehat pastinya akan memberikan kondisi badan yang sehat pula. Sehingga jika kondisi pikiran terganggu seperti mengalami kecemasan atau stres bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Lalu, mengapa stres bisa memicu naiknya asam lambung

Diketahui, stres menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan berbagai macam gangguan pencernaan.

Seseorang yang mengalami stres berlebih bisa merasakan beberapa gejala seperti mulas atau nyeri perut, mual, hingga perut terasa panas.

Terlebih lagi jika sering mengonsumsi makanan asin, asam, dan pedas. Tentu gangguan asam lambung akan semakin meningkat.

Dengan begitu, penderita yang mengalami gangguan pencernaan ini perlu menjaga pola makan dengan baik dan mengurangi pikiran stres yang menjadi salah satu pemicu utamanya.

Para peneliti berteori bahwa stres dapat menyebabkan perubahan pada otak yang memicu reseptor rasa sakit, membuat seseorang secara fisik lebih sensitif terhadap sedikit peningkatan kadar asam.

Stres juga dapat menguras produksi zat yang disebut prostaglandin, yang biasanya melindungi perut dari efek asam. Ini dapat meningkatkan persepsi seseorang tentang ketidaknyamanan.

Stres ditambah dengan kelelahan, dapat menyebabkan lebih banyak perubahan tubuh yang mengarah pada peningkatan asam lambung.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved