Breaking News:

Berita Sungailiat

Tiap Desa di Kabupaten Bangka Dapat 8 Persen dari Dana Desa Untuk Penanganan Covid-19

Tony Marza mengungkapkan setiap desa di Kabupaten Bangka dapat memanfaatkan 8 persen dari Alokasi Dana Desa untuk penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Penulis: Magang5 | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Vigestha Repit)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza mengungkapkan setiap desa di Kabupaten Bangka dapat memanfaatkan 8 persen dari Alokasi Dana Desa untuk penanganan Covid-19 di wilayahnya.

"Penangan Covid-19 untuk perubahan 8 persen dana desa sudah kami laksanakan. Keseluruhan dana desa untuk penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka berjumlah Rp 64 Miliar," ujar Tony kepada Bangkapos.com, Jumat (18/06/2021).

Tony mengatakan, untuk besaran setiap desa bervariasi tergantung dari kebutuhan masing-masing desa.

"Kebutuhan setiap desa berbeda-beda, zona Covid-19 di masing-masing desa pun tidak sama, jadi pihak mereka (desa) sendiri yang mengatur program atau pengadaan apa yang penting di tiap desanya," lanjut Tony.

Diungkapkan Tony APBDes digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang berfokus pada arah kebijakan nasional.

"APBDes merupakan arah kebijakan nasional yang membantu memulihkan perekonomian nasional, penanganan Covid-19, kebijakan strategis daerah, serta kebijakan-kebijakan tingkat lokal maupun desa," terangnya.

Sementara itu untuk penerapan PPKM menurutnya sudah termasuk dari pembagian anggaran 8 persen dalam anggaran pembiayaan penanganan Covid-19.

"Jadi desa tersebut dapat menganggarkan dana tersebut untuk membangun rumah isolasi atau membantu konsumsi warga yang terdampak, atau untuk pengadaan barang-barang yang bersifat prokes," lanjutnya.

Tony menilai setiap desa memiliki peran sangat penting dalam penanganan Covid-19. Menurutnya, desa merupakan mobilitas utama dan sebagian besar penduduk di Kabupaten Bangka berdomisili di desa.

Menurut Tony perlu adanya kolaborasi yang baik antara satgas di desa dengan satgas kecamatan agar penanganan Covid-19 dapat berjalan simultan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved