Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Update Covid-19 Bangka Barat 17 Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Dua Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat mengalami kenaikan dengan 17 kasus yang terkonfirmasi positif covid-19

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Juru bicara Satgas Covid19 Kabupaten Bangka Barat M Putra Kusuma 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat mengalami kenaikan dengan 17 kasus yang terkonfirmasi positif covid-19, Jum'at (18/06/2021).

17 kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 kali ini berasal dari tiga Kecamatan yakni 12 kasus dari Kecamatan Muntok, satu kasus Kecamatan Paritiga, dan empat kasus dari Kecamatan Kelapa.

Selain penambahan jumlah kasus positif covid-19, Kabupaten Bangka Barat juga mengalami kenaikan terkait tingkat kematian sebanyak dua orang yang telah meninggal dunia.

Diketahui satu orang meninggal dunia berasal dari Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga, yakni JH (55) yang meninggal di Rumah Sakit Medika Stania setelah sebelumnya didiagnosa Covid-19 dari hasil pemeriksaan PCR pada Kamis (17/06/2021).

Sedangkan AN (60) warga Kelurahan Sungai Baru, Kecamatan Muntok meninggal RSBT Timah setelah didiagnosa covid-19, dari pemeriksaan PCR labkesda Provinsi Bangka Belitung pada Sabtu (12/06/2021).

"Untuk keduanya menderita penyakit penyerta (komorbid), kami mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya saudara kita. Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan kekuatan," ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma.

Lebih lanjut Putra Kusuma mengatakan perlu ada pengawasan terkait pengendalian untuk menekan penyebaran kasus Covid-19.

"Prinsip dasar dari pengendalian penyakit menular adalah dengan menemukannya sedini mungkin, agar dapat di lakukan tatalaksana dan menahan penularan semakin meluas," tuturnya.

Dengan ditemukannya kasus covid-19, Putra Kusuma mengatakan akan lebih mudah, untuk melakukan langkah pengendalian selanjutnya dalam memutuskan rantai penyebaran covid-19.

"Pengendalian covid-19 dalam konteksnya  sama dengan konsep pengendalian penyakit TBC. Kasusnya harus ditemukan, sehingga terkontrol penyebarannya di suatu wilayah. Kalau kasusnya tidak ditemukan, maka akan menjadi boom waktu dikemudian hari. Lalu ditemukan sudah di rumah sakit dan menyerang orang-orang yang rentan seperti lansia, penyakit penyerta (komorbid), ibu hamil dan anak-anak," ungkapnya.

Sementara itu diketahui total kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Muntok sebanyak 978 kasus, di tempat kedua Kecamatan Jebus 549 kasus, Kecamatan Tempilang 315 kasus, Kecamatan Simpang Teritip 162 kasus, kecamatan Parittiga 321 kasus dan Kecamatan Kelapa 139 kasus.

Lebih lanjut untuk total kasus di Kabupaten Bangka Barat yakni 2.464 yang terkonfirmasi positif, meninggal dunia 33 orang, 2.343 orang dinyatakan sembuh dan isolasi sebanyak 88 orang.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved