Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Waspada! Masuk Musim Kemarau, Empat Titik Panas Terpantau Setiap Hari di Pulau Bangka

Menjelang musim kemarau titik panas atau hotspot masih terdeteksi di beberapa wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Penulis: Magang1 | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Menjelang musim kemarau titik panas atau hotspot masih terdeteksi di beberapa wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa mengatakan, berdasarkan laporan BMKG Pangkalpinang, terpantau tiga hingga empat titik panas setiap harinya.

“Pantauan satelit titik panas itu tersebar di Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Bangka Barat,” kata dia kepada Bangkapos.com, Jumat (18/6/2021).

Mikron menuturkan, untuk tingkat akurasi titik panas tersebut belum mengarah kepada fire spot atau titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hanya saja, titik panas tersebut merupakan pantulan atap rumah.

“Itu hanya titik panas, belum menandakan terjadinya kebakaran. Bisa jadi hanya pantulan seng rumah dari matahari,” terang Mikron.

Lebih lanjut, Mikron menyebut, titik panas terbanyak tersebar di wilayah Bangka Tengah. Seperti di kecamatan Koba, Pangkalan Baru, Sungai Selan dan Simpang Katis.

Namun hingga kini, untuk laporan karhutla dalam skala besar sendiri belum ada. Hanya saja terdapat lahan yang terbakar sekitar dua hektar tersebar di sejumlah titik.

“Memang sampai saat ini belum ada kebakaran hutan skala besar, hanya saja kebakaran lahan satu hingga dua hektare lahan yang terbakar,” sebutnya.

Meskipun demikian, memasuki musim kemarau, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak membuka lahan dengan cara membakar karena itu merupakan hal yang berbahaya.

“Kita akan terus menggencarkan patroli bersama pihak-pihak terkait, khususnya TNI/Polri untuk gerak cepat antisipasi karhutla,” tukas Mikron.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved