Breaking News:

Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan Penyakit, Ini Cara Mengonsumsinya

Tanaman jeruk nipis terbukti memiliki berbagai bermanfaat bagi kesehatan yang masih jarang diketahui.

Penulis: Magang4 | Editor: Teddy Malaka
Freepik.com
Jeruk nipis 

BANGKAPOS.COM - Salah satu tumbuhan herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk pengobataan tradisional adalah jeruk nipis. Buah berwana hijau tua ini berukuran lebih kecil dari lemon dan tidak seterkenal lemon khasiatnya.

Padahal jeruk nipis juga memiliki khasiat yang tak kalah dibanding jenis sitrun lainnya. Memiliki kandungan vitamin C tinggi didalamnya, jeruk nipis apabila dikonsumsi dengan rutin dan benar ternyata dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah bagi.

Mengutip penjelasan jurnal dengan judul Kandungan dan Aktivitas Farmakologi Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia s.), jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid, saponin dan minyak atsiri. Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa aktif yang beragam diantaranya asam sitrat, eriocitrin, hesperidin, neoponcirin, limonene, dan feladren.

Tak heran jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian menemukan aktivitas farmakologi jeruk nipis diantaranya adalah antibakteri, antifungal, antioksidan, antikanker, sebagai pemutih gigi, larvasida nyamuk Aedes aegypti dan antikolesterol.

Mengobati penyakit tipes

Berdasarkan beberapa studi jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri, contohnya bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, dimana semakin tinggi konsentrasi jeruk nipis maka akan
semakin baik daya hambatnya.

Hasil ini juga menunjukkan bahwa jeruk nipis memiliki kandungan kimia seperti minyak atsiri dan fenol yang bersifat bakterisidal. Tak sampai disitu, jeruk nipis juga ampuh menghalau penyakit tipes yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Mengobati penyakit kulit

Citrus aurantifolia bermanfaat sebagai Antifungal, ekstrak kulit buah jeruk nipis memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan jamur penyebab penyakit kulit seperti jamur Trichophyton mentagraphytes dan Microsporium cains yang sering menginfeksi kulit kepala.

Tak hanya mengobati, kandungan vitamin c dalam jeruk nipis banyak digunakan dalam produk-produk perawatan kulit. Selain membuat lebih segar dan cerah, vitamin c pada jeruk nipis juga memberikan hidrasi lebih yang baik untuk kulit.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved