Breaking News:

Laksanakan Penyederhanaan Birokrasi, Begini Skema Struktur Organisasi Pemprov Bangka Belitung

Perubahan susunan struktur organisasi pada Perangkat Daerah (PD) di Pemerintah Provinsi

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Rapat Pemantapan, Penyederhanaan Struktur Organisasi Pemprov. Babel di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Jumat (18/06/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Perubahan susunan struktur organisasi pada Perangkat Daerah (PD) di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui penyetaraan jabatan struktural ke fungsional secara masif akan mengalami proses penyesuaian.

Hal ini tetap dilakukan sesuai arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) RI untuk menuju percepatan pembangunan seluruh Provinsi di Indonesia.

"Dalam rangka mengonversi jabatan struktural ke jabatan fungsional yang diukur melalui pendidikan, tidak ada lagi tugas dan fungsi yang akan terabai, dan pejabat yang difungsionalkan tetap bisa melaksanakan tugas dan fungsi saat masih menjadi Kepala Sub Bagian (Kasubbag) atau Kepala Seksi (Kasi) melalui regulasi angka kredit dan SPT ataupun SK sebagai subkoordinator bagi eselon 4 dan koordinator bagi eselon 3," jelas Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah saat memimpin Rapat Pemantapan, Penyederhanaan Struktur Organisasi Pemprov Bangka Belitung di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Jumat (18/06/2021).

Penyederhanaan birokrasi menurut wagub harus segera dilakukan karena berpacu dengan waktu terlepas siap atau tidaknya Pemprov Bangka Belitung dalam menerima.

Kepala Biro Organisasi, Ellyana memaparkan berdasarkan data yang diperoleh dari BKPSDM Babel bahwa dari 5.463 jumlah ASN di Babel yang akan dialihkan, Babel memiliki tenaga administrator eselon 3 berjumlah 134 orang, di mana 9 orang Kepala Bagian (Kabag) di Setda Babel akan dialihfungsikan ke jabatan fungsional.

Sedangkan Pengawas, setara eselon 4 berjumlah 615 orang dengan 382 di antaranya akan difungsionalkan. Sehingga di Babel akan ada 391 jabatan struktural, yang terdiri atas 9 orang jabatan eselon 3 dan 382 jabatan eselon 4.

Dijelaskannya bahwa, penyederhanaan birokrasi melalui model yang telah direkomendasi oleh MenpanRB adalah baku dan menyesuaikan dengan kondisi.

Model terbagi menjadi model satu hingga model empat dan percampuran dari beberapa model.

Data terkait penyederhanaan pejabat struktural dan fungsional tersebut diperoleh langsung dari OPD yang bersangkutan.

Ellyana juga mengingatkan, apabila di bawah sekretariat ada satu kasubbag yang dialihkan maka, kasubbag yang dialihkan tersebut adalah kasubbag perencanaan. Apabila ada dua kasubbag yang dialihkan, maka kasubbag yang kedua adalah kasubbag keuangan. Jadi, satu kasubbag yang tidak akan dialihkan adalah kasubbag umum.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved