Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sekolah Alam Pangkalpinang Open Day Melihat Matahari dengan Teropong Bintang, Berikut Profil Sekolah

Anak-anak begitu antusias untuk melihat secara dekat bentuk matahari melalui teropong bintang atau teleskop yang dimiliki Sekolah Alam Pangkalpinang.

Penulis: Khamelia (Uwa) | Editor: khamelia
Ist/SAPKA
Anak-anak antusias melihat secara langsung wujud matahari melalui teropong bintang milik Sekolah Alam Pangkalpinang (SAPKA), Sabtu (19/06/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 30 anak mengikuti kegiatan Pengenalan Astronomi yang diselenggarakan oleh Sekolah Alam Pangkalpinang (SAPKA), Sabtu (19/6/2021), bertempat di SAPKA yang beralamat di Jalan Len Listrik Jerambah Gantung Pangkalpinang.

Anak-anak begitu antusias untuk melihat secara dekat bentuk matahari melalui teropong bintang atau teleskop yang dimiliki Sekolah Alam Pangkalpinang. Mereka ditemani langsung oleh Febri Zainuddin dan Meryani Puji Lestari, S2 Pengembangan dan Pendidikan Astronomi ITB.   

Dengan bahasa yang lugas dan menyenangkan, Febri menjelaskan, berdasarkan pengalaman sehari-hari manusia melihat bahwa Matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat. Matahari terlihat terbit dari arah timur, mencapai titik tertinggi pada tengah hari dan tenggelam di arah barat.

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mengenai arah dan waktu melalui pengenalan benda langit. Pergerakan Matahari dan benda–benda langit dari timur ke barat disebut sebagai peredaran semu harian benda langit. Bumi yang berotasi dari barat ke timur merupakan penyebab semua bintang tersebut tampak bergerak dari timur ke barat. Secara umum, gerak semu harian Matahari menyebabkan terbit dan tenggelamnya Matahari. Serta terjadinya siang dan malam, perbedaan waktu serta perubahan bayangan," jelas Febri dihadapan peserta.

Selain teori, Febri selaku pembimbing teleskop menjelaskan, satu persatu anak-anak dibimbing melihat wujud matahari siang hari menggunakan teropong bintang. Terdapat banyak perbedaan dalam menggunakan teleskop siang hari khususnya untuk pengamatan Matahari dibandingkan dengan pengamatan pada malam hari. Pengamatan dengan menempatkan filter sinar matahari wajib dipasang pada teleskop supaya sinar matahari tidak merusak mata peserta.

Kepala Sekolah SAPKA, M Arifin Saddoen mengatakan, Sekolah Alam Pangkalpinang mulai dirintis tahun ini, dimulai dengan menggelar Open Day Melihat Matahari dengan Teropong Bintang

"Tidak hanya teori tapi mereka mempraktikkan bagaimana orang dahulu melakukan itu hingga mereka bisa mengamati matahari dengan kehebatan teknologi yang kita miliki," ungkap Arifin.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat mereka akan membuat Klub Astronomi Sapka. Klub ini sebagai wadah bagi pecinta tentang astronomi dan luar angkasa yang sangat luas.

"Melalui wadah ini kita bisa mengamati perkembangan bulan dari hilal bulan sabit sampai purnama, juga bisa menghitung waktu. Dengan mengamati matahari kita tahu ada bintik hitam di sana dan apa isyarat yang terkandung di dalamnya. Karena masih banyak lagi tanda tanda kekuasaan Allah SWT di langit," ujarnya.

Peserta mendengarkan penjelasan guru tentang astronomi
Peserta mendengarkan penjelasan guru tentang astronomi (Bangkapos.com/Khamelia)

Sekolah Alam Pangkalpinang membuka pendaftaran siswa TK dan SD tahun ajaran baru 2021. Saat ini sejumlah fasilitas sedang tahap penyelesaian. SAPKA dilengkapi lahan perkebunan yang diisi aneka tumbuhan, kolam ikan, kolam renang dan fasilitas outbond. Sekolah ini juga baru saja panen ketimun, dan lahan yang kosong ditanam cabai. Sedangkan sarana lainnya dalam tahap penyelesaian, termasuk ruang kelas yang didesain khusus berupa panggung dari kayu.

Arifin menambahkan, beberapa waktu ke depan SAPKA mendatangkan fasilitas outbond untuk siswa dan akan disewakan juga untuk umum.

"Yuk bergabung bersama kami, Insya Allah anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan, kami akan mendidik mereka menjadi generasi tanggung, mandiri dan berakhlak mulia. Untuk informasi tentang sekolah kami bisa menghubungi ibu Leyla 081367606267," ujar Arifin. (Bangkapos.com/khamelia)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved