Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Zufriyadi: Anak di Pangkalpinang Wajib Sekolah, Jika Orangtua Tak Mampu Segera Lapor Pemerintah

Ketua Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang Zufriyadi menegaskan, tak ada alasan anak di Kota Pangkalpinang putus sekolah.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)
Posko Pelayanan PPDB di SMPN 3 Pangkalpinang. Ketua Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang Zufriyadi menegaskan, tak ada alasan anak di Kota Pangkalpinang putus sekolah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang Zufriyadi menegaskan, tak ada alasan anak di Kota Pangkalpinang yang putus sekolah.

Menurutnya, usia wajib belajar sembilan tahun harus terealisasikan dengan baik di Kota Pangkalpinang.

"Usia wajib belajar sembilan tahun ini wajib untuk sekolah, tidak ada alasan untuk tidak mau  sekolah," tegas Zufriyadi kepada Bangkapos.com, Minggu (20/6/2021).

Kata Zufriyadi, jika beralasan tak ingin melanjutkan sekolah karena tidak mampu, laporkan ke pemerintah pasti akan tetap disekolahkan.

"Kalau memang alasannya tidak mampu silakan hubungi Dinas Pendidikan harus disekolahkan, karena pemerintah bertanggung jawab terhadap siswa yang tidak mampu. Tidak bisa tidak ingin sekolah lagi karena ini wajib belajar," jelasnya.

Dia menyebut, pihaknya dari Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang yang membidangi Pendidikan di Kota Pangkalpinang memang sudah berkomitmen untuk mengupayakan usia wajib belajar dapat terlaksana dengan baik.

"Jadi wajib dan mutlak harus sekolah, kalau alasan tertinggal pelajaran karena daring itu bisa dikejar yang penting sekolah, kalau tidak ada fasilitas untuk daring lapor ke Dinas Pendidikan pasti difasilitasi," bebernya.

Tak hanya itu, ia juga meminta orang tua untuk cepat tanggap menyikapi anaknya yang tak ingin lagi bersekolah.

"Orangtuanya harus cepat tanggap, jangan mau menuruti anaknya yang tidak mau lagi sekolah, harus sekolah. Bila perlu bawa ke psikolog apa penyeybabnya jadi suport orangtua juga penting, karena jaman sekarang tidak bisa lagi tidak sekolah karena ini wajib," ujarnya.

Menurutnya, selama ini di Kota Pangkalpinang belum ada temuan anak yang tak ingin lagi bersekolah.

"Kalau selama ini belum ada, kami selalu mengupayakan bersama Dinas Pendidikan untuk anak-anak kita terus sekolah, karena ini wajib, makanya kami mohon juga dukungan para orang tua untuk anaknya, beri semangat untuk anak," sebutnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved