Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Buaya Hewan Setia Punya Insting Berburu Tinggi, Begini Penjelasan Secara Ilmiah Sang Predator

Buaya muara merupakan salah satu buaya terbesar di dunia yang banyak ditemui di Indonesia. Habitat hewan ini hidup di muara sungai

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
ist
drh. Yulia Fitriani 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Di Bangka Belitung kerap terjadi konflik antar manusia dan buaya.

Faktor utama terjadinya serangan oleh predator ini disebut-sebut karena rusak habitat hidupnya.

Praktisi Kota Pangkalpinang sekaligus Owner Nagasatwa Petshop and Vet Care, drh Yulia Fitriani mengatakan buaya merupakan salah satu hewan liar yang predator yang memiliki target mangsa adalah hewan dengan ukuran lebih kecil darinya.

"Sebagai hewan pemangsa buaya memiliki insting berburu yang tinggi. Buaya juga memiliki kemampuan menyergap mangsa dengan akurat, baik di darat maupun dalam air. Buaya mempunyai rahang, gigi, dan ekor yang kuat serta kulit yang tebal. Inilah yang menjadi andalan buaya untuk melumpuhkan lawannya," ujar dr Yulia saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (21/6/2021).

Lebih lanjut, Dia menerangkan saat berburu mangsa, biasanya buaya akan menjepit mangsanya menggunakan rahangnya dengan kuat dan kemudian membawa mangsanya ke dalam air.

Setelah mangsa kehabisan nafas maka buaya akan membawa lagi mangsanya ke daratan untuk dimakan.

Karena itulah buaya disebut sebagai salah satu predator yang ganas.

Yulia yang juga pernah menjadi Dokter Hewan satwa liar di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan ini mengatakan ada banyak jenis buaya, akan tetapi buaya muara termasuk buaya yang paling ganas.

"Buaya muara merupakan salah satu buaya terbesar di dunia yang banyak ditemui di Indonesia. Habitat hewan ini hidup di muara sungai, daerah pantai, aliran sungai dan bahkan di perairan air tawar lainnya seperti danau dan rawa," lanjutnya.

Dia mengatakan buaya pada sifat aslinya merupakan salah satu hewan yang setia terhadap pasangannya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved