Breaking News:

Materi Belajar

Materi Kewarganegaraan Kelas 5 SD: Menghargai Keputusan Bersama Lengkap Latihan Soal dan Jawaban

Pengambilan keputusan dilakukan saat ada suatu permasalahan yang dicari solusinya demi menghasilkan keputusan bersama

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Teddy Malaka
Freepik
Ilustrasi musyawarah 

BANGKAPOS.COM - Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti pernah mendengar kata keputusan. Misalnya keputusan hakim, keputusan pemerintah, keputusan DPR, dan keputusan sekolah. Putusan adalah pilihan yang diambil oleh seseorang dari berbagai pilihan yang ada dengan pertimbangan tertentu untuk dilaksanakan.

A. Pengertian Keputusan Bersama

Keputusan bisa dibuat oleh satu orang atau lebih dari satu orang untuk mengatasi masalah tertentu. Keputusan yang dibuat oleh satu orang, artinya pilihan dari berbagai pilihan yang tersedia ditentukan berdasarkan kemampuan sendiri untuk mengatasi masalah tertentu.

Kamu akan memutuskan untuk memilih salah satu, bermain atau belajar dengan pertimbangan tertentu. Kamu perhatikan baik-baik gambar di bawah ini! Musyawarah yang dilakukan oleh siswa dapat menghasilkan keputusan bersama.

Untuk mengambil keputusan memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi putusan yang dihasilkan akan mencerminkan kepentingan bersama. Dalam kegiatan sehari-hari, seseorang bisa dengan mudah mengambil keputusan.

Tetapi kadang-kadang juga sulit mengambil keputusan. Mudah atau sukarnya mengambil keputusan tergantung dari sederhana atau rumitnya masalah yang kita hadapi. Seseorang bisa sulit mengambil keputusan, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Selain mengabil keputusan sendiri, kita juga mengambil keputusan bersama. Jika suatu keputusan diambil oleh beberapa
orang secara bersama-sama untuk kepentingan bersama dan dilaksanakan bersama, maka keputusan itu disebut keputusan bersama. Keputusan bersama adalah keputusan yang dibuat bersama dan dilaksanakan untuk kepentingan.

B. Cara Mengambil Keputusan Bersama

Dari uraian di atas, kamu telah mengetahui bahwa selain membuat keputusan sendiri, kita juga bisa mengambil keputusan bersama. Pengambilan keputusan bersama dilakukan dengan tujuan agar dapat memenuhi kepentingan dan keinginan bersama.

Pengambilan keputusan bersama akan mudah dilakukan jika orang-orang yang terlibat dalam musyawarah mempunyai kepentingan dan keinginan yang sama.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved