Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Umur Penerbitan KK Jadi Masalah PPDB SMA/SMK Jalur Zonasi di Babel, Begini Penjelasan Panitia

Kartu Keluarga (KK) yang baru dicetak dan tanggal dikeluarkan terbaru, membuat kesulitan siswa dan orang tua untuk mendaftar.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung yang berada di Komplek Perkantoran Pemprov Babel foto diambil, Selasa (22/6/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2021/2022 di Bangka Belitung menuai persoalan.

Persoalan itu berkaitan dengan persyaratan Kartu Keluarga (KK) yang baru dicetak dan tanggal dikeluarkan terbaru, membuat kesulitan siswa dan orang tua untuk mendaftar.

Pasalnya, berdasarkan peraturan gubernur nomor 22 tahun 2021 tentang pedoman PPDB SMA/SMK jalur zonasi harus memiliki KK domisili dekat sekolah minimal 1 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Tetapi, dalam pergub tertulis, Kartu Keluarga (KK) dapat digantikan dengan surat keterangan domisili, dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh lurah/kades atau pejabat bersangkutan.

Selain itu menyatakan bahwa peserta didik telah berdomisili paling singkat 1 tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili.

Kepala Balai Teknologi Informasi, Komunikasi, Pendidikan Dinas Pendidikan Babel, Sukinda, mengatakan berkaitan dengan aturan memiliki KK sesuai zonasi telah diatur dalam Permendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB.

"Jadi sehubungan pendaftaran SMA zonasi syarat harus memiliki KK di zonasi itu sendiri minimal satu tahun itu sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata Sukinda yang juga panitia PPDB SMA/SMK kepada Bangkapos.com, Selasa (22/6/2021) di tempat kerjanya.

Kemudian sambung Sukinda, melihat persoalan sekarang, seandainya terjadi pembaruan KK yang kurang dari satu tahun, tetapi sebenarnya orang tersebut masih berdomisili di wilayah yang sama, menurutnya tetap dapat mendaftar dengan melampirkan KK lama.

"Misalnya ia pembaruan KK, mungkin karena adanya tambahan anak yang baru melahirkan, ingin ditambahkan ke KK yang baru, ketika terbit KK baru belum sampai satu tahun. Caranya bawa saja bukti KK lama yang menerangkan bahwa ia sudah lebih dari satu tahun tinggal di zona atau alamat yang sama," ujarnya.

Dengan upaya tersebut dapat membuktikan bahwa terjadi pembaruan KK karena adanya penambahan keluarga, atau hal lainnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved