Breaking News:

Berita Pangkalpinang

PON XX Papua, Bangka Belitung Akan Kirim 118 Atlet dan Pelatih, Anggaran Masih Redup

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengirim 80 atlit dan 38 pelatih dengan 20 cabang olahraga untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
bangkapos.com
 Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengirim 80 atlet dan 38 pelatih dengan 20 cabang olahraga untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua yang akan mulai digelar pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto mengatakan para atlet telah menyiapkan diri dan melaksanakan training center (TC).

"Kemarin sudah sebagian atlet diuji kekuatan fisiknya, kecepatannya. Itu sudah berjalan, sudah digongkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) terkait TC," ujar Suharto, Kamis (24/6/2021).

Lebih lanjut, Dia mengatakan persiapan untuk berlaga di PON sudah lama digaungkan tetapi karena masih kondisi pandemi Covid-19 maka dipusatkan di cabang olahraga masing-masing.

"PON ini sebelumnya diundur, sehingga menjadi dilema juga kemarin bagi seluruh cabang olahraga. Walaupun masih Covid-19 tetap kita jalankan melalui teknisi sendiri, bertanding juga dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku," kata Suharto.

Dia yakin pada PON 2021 ini, Bangka Belitung akan mendapat medali tetapi belum bisa dipastikan medali emas, perak atau perunggu.

"Saya belum tahu, pasalnya saat menuju PON ini persaingan kompetesi tidak bisa diukur, kita tidak pernah lagi bertanding face to face karena mengingat masih Covid-19, misalnya kejuaran menembak kemarin dilakukan dengan zoom, hanya mengandalkan kejujuran dari tingkat pelatih, kalau jujur ya bagus. Sehingga tidak bisa mengukur, maka sulit menentukan kekuatan dan kelemahan para atlet ini," jelasnya.

Namun bila membahas prestasi para atlet pada PON sebelumnya, ada beberapa cabang olahraga yang memuaskan seperti atletik, panjat tebing dan binaraga.

"Tetapi bisa saja, akan muncul atlet yang selama ini dianggap tidak terlalu, soalnya saat ini saya lihat sepak bola putri lumayan gencarnya serta atletnya juga sudah terdeteksi untuk ikut SEA Games, dan bola basket yang putra sudah menunjukam top skor yang bagus, bisa saja itu muncul. Tergantung nasib juga," kata Suharto.

Anggaran Masih Redup

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved