Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Punya Penduduk 1,5 Juta Jiwa, Babel Kebut Target Vaksinasi 70 Persen Untuk Bentuk Herd Immumity

dr Bangun Cahyo Utomo, mengatakan, mereka berusaha untuk mengejar herd immunity atau kekebalan kelompok di Provinsi Bangka Belitung hingga akhir 2021.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Juru Bicara Vaksinisasi Bangka Belitung, dr Bangun Cahyo Utomo, mengatakan, mereka berusaha untuk mengejar herd immunity atau kekebalan kelompok di Provinsi Bangka Belitung hingga akhir 2021 ini.

Menurutnya, jumlah pendudukan di Bangka Belitung yang hanya mencapai 1,5 juta jiwa, harus 70 persenya telah melakukan vaksin untuk mencapai herd immunity.

Diketahui program vaksinasi saat ini sedang menyelesaikan sasaran kedua vaksinasi untuk petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Termasuk di dalamnya tenaga pendidik meliputi guru dan dosen serta pelaku pariwisata, dan sasaran ketiga masyarakat umum antara lain pedagang.

"Tentunya ini bagaimana kita berkoordinasi berkolaborasi untuk dapat memenuhi animo masyarakat untuk vaksinasi. Karena untuk mencapainya perlu bergandengan tangan dari pihak pemerintah, swasta dan masyarakat umun," jelas dr Bangun kepada Bangkapos.com, Kamis (24/6/2021).

Dia mengatakan, apabila masyarakat ingin melakukan vaksinasi saat ini dapat datang langsung ke lokasi central pelaksanaan vaksinasi yang ada di setiap kota/kabupaten.

"Sasaran masyarakat yang memenuhi kriteria karena kita inginkan 3.800 suntikan vaksin per harinya dan pernah sampai 4.000 suntikan. Tetapi beberapa hari ini hanya 2.700 suntikan tidak tercapai, sehingga harapanya masyarakat umum dapat datang ke pelayanan vaksinasi yang buka ditempat umum central vaksinasi," ujarnya.

Seperti rencana vaksinasi massal yang dilakukan di Transmart, kata Bangun, lokasi itu menjadi central dan masyarakat dapat mendatangi untuk mendapatkan suntikan vaksinasi.

"Apabila semakin banyak kita vaksin diharapkan terbentuk kekebalan kelompok, sehingga akngka kesakinan terkait Covid-19 akan menurun. Kemudian otomatis akan berdampak pada pergerakan ekonomi nasional dan di Babel," ujarnya.

Dia menegaskan hingga akhir Desember semua masyarakat usia lansia diharapkan telah tervaksin, termasuk masyarakat umum.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved