Breaking News:

Berita Sungailiat

Batas Antar Desa di Kabupaten Bangka Masih Jadi PR, 19 Kelurahan Sudah Jelas

Sebanyak 19 kelurahan yang ada di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhirnya mendapatkan batas wilayah yang jelas.

Penulis: Magang1 | Editor: El Tjandring
Istimewa
Bupati Bangka, Mulkan saat menyerahkan Peraturan Bupati (Perbup) kepada 19 kelurahan yang ada di Kabupaten Bangka, Jumat (25/6/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 19 kelurahan yang ada di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhirnya mendapatkan batas wilayah yang jelas.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, dengan adanya kejelasan batas antar kelurahan dapat mempermudah dalam pengusulan dana alokasi umum (DAU) untuk pemerataan kemampuan keuangan daerah.

"Dengan adanya tata batas inilah, ada suatu kelengkapan yang secara administrasi sudah lengkap, terutama batas kelurahan," kata dia kepada Bangkapos.com, Jumat (25/6/2021).

Diakui Mulkan, meskipun batas antar kelurahan di Kabupaten Bangka sudah jelas masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Yakni seperti batas antar desa yang sampai saat ini belum juga rampung.

Hal itu lantaran, untuk kelurahan masih dalam kendali pemerintah daerah sehingga dapat ditangani secara langsung.

"Kalau antar kelurahan ini aman, karena masih dalam kendali langsung oleh pemerintah daerah. Tetapi sampai saat ini yang menjadi pekerjaan keras merupakan batas-batas antar desa yang belum selesai," sebutnya.

Mulkan mengatakan, permasalahan tersebut merupakan tanggung jawab bersama seluruh instansi yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka. Oleh karena itu, setiap perangkat daerah tidak boleh saling menjatuhkan.

"Mengoreksi boleh, tetapi tidak boleh menjatuhkan, karena kita adalah pemerintah tidak etis. Apalagi, kita menyampaikan di depan umum, itu tidak baik. Sama saja kita membuka kerahasiaan terhadap daerah kita," tegas Mulkan.

Kendati demikian, Pemkab Bangka telah memiliki strategi untuk percepatan dalam penyelesaian batas 62 desa yang ada di Kabupaten Bangka.

"Strategi kita berkaitan dengan dana transfer yang akan kita sampaikan, agar mempercepat terhadap tata batas. Kalau tidak diselesaikan, yang ada nanti terjadi masalah karena tidak ada tekanan dari pemerintah. Sepanjang tahun tidak akan selesai kalau kita tidak fokus akan penyelesaian itu," katanya.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved