Breaking News:

Jualan Online Lebih Mudah Pakai WhatsApp Business, Ini Cara Menggunakannya

WhatsApp Business dibuat khusus dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. Banyak fitur-fitur yang dapat digunakan agar untung lebih banyak.

Penulis: Magang4 | Editor: Teddy Malaka
Tribunnews.com
Ilustrasi Penggunaan WhatsApp Bisnis 

BANGKAPOS.COM - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan, seperti Facebook Messenger atau We Chat. Aplikasi seluler ini menggunakan koneksi Internet telepon untuk memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya.

WhatsApp business atau WhatsApp bisnis merupakan fitur khusus Whatsapp untuk para pemilik usaha kecil.  WhatsApp bisnis memudahkan penggunanya untuk menjalankan bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, dan mendapatkan untung yang lebih banyak.

Anda dapat mempertimbangkan WhatsApp Bisnis untuk membantu strategi sosial usaha Anda

Cara menggunakan WhatsApp untuk bisnis

WhatsApp Business dibangun secara khusus dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil dan menawarkan solusi khusus yang dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan Anda.

Untuk memulai, Anda memerlukan akun WhatsApp Business. Jika Anda belum memilikinya, ikuti petunjuk langkah demi langkah sederhana ini.

Cara membuat akun WhatsApp Business

  1. Unduh aplikasi WhatsApp Business untuk Android atau iPhone
  2. Setuju dengan syarat dan ketentuan
  3. Masukkan nomor telepon bisnis Anda
  4. Isi detail Anda
  5. Pelajari lebih lanjut tentang alat bisnis WhatsApp
  6. Isi lebih banyak informasi akan bisnis Anda mulai dari alamat, jam buka, dan situs web dalam kategori Profil Bisnis di setelan.

Dilansir dari Kompas, berikut ragam fitur pada aplikasi WhatsApp bisnis dapat menunjang usaha Anda. Gunakan semua fitur ini dengan baik agar penjualan meningkat dan bisnis pun semakin untung.

  • Katolog: Menampilkan informasi produk dan layanan usaha Anda.
  • Tautan Pendek: Memudahkan pemilik usaha menjangkau pelanggan baru. Selain tautan pengguna juga bisa menggunakan barcode untuk mengenalkan toko Anda ke konsumen yang lebih luas.
  • Fitur Perpesanan: Memungkinkan pemilik toko membuat label untuk percakapan penting seperti memberi salam, menginformasikan jam operasional toko. Templat label tersebut akan dikirim secara otomatis saat konsumen menyapa Anda.
  • Label: Pemilik toko dapat menyortir percakapan pelanggan ke dalam beberapa kategori agar mudah mengenali pelanggan lama atau baru.

Di katalog produk sendiri, pelaku bisnis bisa menampilkan dan membagikan informasi produk dan layanan mereka kepada pelanggan.

  • Cara menambahkan produk ke katalog
  • Pertama login dengan akun WhatsApp Business di WhatsApp web atau aplikasi WhatsApp desktop
  • Klik ikon titik tiga horizontal di atas jendela Pilih opsi "catalog" Lalu klik "add new item"
  • Masukkan informasi produk/layanan, seperti foto, nama, harga, deskripsi, dan sebagainya. Klik "add to catalog"

Nantinya, WhatsApp Business akan meninjau item yang diunggah pelaku bisnis di katalog. Setelah disetujui, produk tersebut akan muncul di katalog toko milik bisnis. (Bangkapos.com/Nur Ramadhaningtyas)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved